Rabu, 09/08/2017 15:28 WIB

Cerita Pria Makassar yang Nikahi Bule Prancis: Ngobrol Pakai Google Translate

Muhammad Nur Abdurrahman - wolipop
Cerita Pria Makassar yang Nikahi Bule Prancis: Ngobrol Pakai Google Translate Foto: Dok. Pribadi
Makassar - Kisah cinta pria Makassar dengan bule Prancis ini menjadi viral karena cara unik mereka berkomunikasi. Ijal Ricardo dan Julie saling jatuh cinta setelah keduanya mengandalkan Google Translate untuk megobrol.

Risal Hamid demikian nama asli Ijal Ricardo mengenal Julie Martha, bule Prancis yang kini sudah resmi menjadi istrinya usai manggung bersama bandnya di Padang, Sumatera Barat, Agustus 2016. Melalui seorang teman bandnya dia mengenal Julie yang ada di Indonesia karena tengah menjadi dosen Bahasa Prancis di Universitas Hasanudin.

Ijal mengisahkan, awal perkenalannya dengan Julie, mereka terkendala bahasa. Pria 36 tahun itu tidak mengerti bahasa Prancis dan bahasa Inggris, begitu pun Julie yang tidak mengerti bahasa Indonesia.

Ijal dan JulieIjal dan Julie Foto: Dok. Pribadi


Ijal beruntung karena teknologi masa kini ada Google Translate. Dengan bantuan aplikasi Google Translate lah dia bisa berkomunikasi dengan wanita yang bekerja di media Prancis itu.

"Awal ketemu kita untuk ngobrol harus buka Google Translate, karena awalnya dia tertarik sama saya menggunakan bahasa hati, setelah itu kita sama-sama belajar bahasa, Julie sekarang sudah mahir bahasa Indonesia, saya juga sudah bisa bahasa Prancis," ujar Ijal saat dihubungi Detikcom, Rabu (9/8/2017).

Pria yang pernah bekerja sebagai pengamen di Jakarta itu menceritakan, sebelum lancar berbahasa Prancis dan Inggris, setiap mengobrol dengan Julie via aplikasi chat online, ia harus merangkai kalimat yang pas dengan bantuan aplikasi Google Translate. Aplikasi yang membantu menterjemahkan bahasa asing itu membuatnya semakin dekat dengan Julie, hingga mereka pun kerap bertemu saat Ijal tampil bersama bandnya di Bali dan Lombok. Menurut Ijal, Julie sangat mengagumi budaya Indonesia dan tertarik untuk mengunjungi daerah-daerah di Nusantara yang eksotis alamnya.

Setelah sering bertemu dan berkomunikasi, Ijal dan Julie merasa nyaman. Dan mereka pun sepakat untuk melanjutkan hubungan cinta ke pelaminan setelah setahun pacaran. Keduanya menikah di Paris, Prancis pada 12 Mei 2017. Dan pada Agustus 2017 kemarin, mereka menggelar resepsi pernikahan di Hotel Pantai Gapura, Makassar.

Ijal mengungkapkan, saat menikah dirinya dan Julie masih berbeda keyakinan. "Kami saling mengerti soal agama, tidak ada yang dipaksakan, Julie ingin mendalami nilai-nilai agama Islam dahulu sebelum mau memeluk agama Islam," jelasnya.

Saat ini Ijal berencana mengikuti istrinya tinggal di Paris. Dia akan melanjutkan kuliah di kota mode tersebut. Sementara Julie meneruskan pekerjaannya sehari-hari sebagai editor di salah satu media Prancis.


(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com