Selasa, 08/08/2017 11:28 WIB

Tren Diet ala Putri Tidur, Tidur Selama Mungkin Supaya Berat Badan Turun

Ria Nathasya - wolipop
Tren Diet ala Putri Tidur, Tidur Selama Mungkin Supaya Berat Badan Turun Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbagai cara rela dilakukan wanita demi menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ramping. Seperti diet yang belakangan ini jadi tren, Sleeping Beauty Diet.

Diet yang terbilang ekstrem ini menganjurkan seseorang untuk mengonsumsi obat tidur sehingga bisa tertidur minimal 10 jam sehari. Tujuannya? Agar bisa melewatkan jam makan dan membatasi asupan kalori.

Diet ini menganjurkan pemakaian obat tidur, di mana tubuh sebenarnya tidak terlalu memerlukannya. Dikutip dari Women's Health, secara tidak langsung diet ini membentuk jam makan yang tidak teratur dan penyalahgunaan obat-obatan.

Seperti contoh; bila Anda terbangun di tengah malam dan merasa lapar dan tidak bisa melanjutkan tidur, kemungkinan besar Anda akan memilih untuk meminum obat tidur lagi demi menahan hasrat makan. Pada kondisi ini sang pelaku diet sudah kehilangan gambaran "apa itu fungsi makan?" dan lebih memilih untuk tidur.

"Menggunakan obat-obatan secara berlebihan untuk menghindari makan adalah cara yang salah untuk menurunkan berat badan. Lebih memilih tidur agar kamu tidak makan dan latihan secara berlebihan di pagi harinya merupakan bentuk dari gangguan pola makan," ujar pakar diet Amy Shapiro.

Pada umumnya obat tidur digunakan oleh para penderita insomnia, dan bila diresepkan pun hanya boleh dikonsumsi dalam jangka waktu pendek. Obat tidur juga memiliki beberapa efek samping seperti 'sleep walking' (tidur berjalan), pusing dan gangguan makan.

Diet yang sehat dan waktu tidur cukup (tidak berlebihan) akan membuat pembakaran lemak dan metabolisme dalam tubuh lebih maksimal. Sebaiknya jangan paksa tubuh untuk tidur dalam waktu cukup lama karena justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang baru. Idealnya, tidur hanya memerlukan waktu 7-8 jam sehari yang berkualitas. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com