Jumat, 04/08/2017 19:41 WIB

6 Pertengkaran yang Sangat Normal Terjadi dalam Hubungan Asmara

Daniel Ngantung, Rista Adityaputry - wolipop
6 Pertengkaran yang Sangat Normal Terjadi dalam Hubungan Asmara Foto: Thinkstock
Jakarta - Pertengkaran bisa dibilang 'bumbu' percintaan. Daripada merasa kesal karena Anda bertengkar dengan pasangan, sebaiknya anggap pertengkaran sebagai tanda kalau hubungan kalian berjalan normal.

Dalam pertengkaran, seseorang bisa mengekspresikan dirinya, baik keinginan maupun harapan. Lebih baik lagi apabila kalian saling mendengarkan. Namun, bukan berarti Anda dan pasangan bisa bertengkar setiap hari. Salah satu dari kalian tentu perlu membahas masalah dengan kepala dingin. Dilansir oleh Hello Giggles, berikut enam tipe pertengkaran yang sering dialami oleh hubungan yang sehat. Apa Anda pernah mengalaminya?

6 Pertengkaran yang Sangat Normal Terjadi dalam Hubungan AsmaraFoto: Thinkstock


1. 'Kita kok, jarang ketemuan?'
Setiap pasangan sepertinya pernah mengalami hal ini. Fase setelah bulan madu di mana Anda dan pasangan kembali dalam kesibukan masing-masing. Adalah hal normal ketika Anda merasa tidak diperhatikan karena pasangan tenggelam dalam kesibukannya. Bisa jadi disebabkan oleh pekerjaan menumpuk setelah bulan madu dan perlu diselesaikan segera. Kadang ini membuat Anda berpikir rasional atau sebaliknya, menjadi sedikit posesif.

2. 'Kamu tidak mau mendengarkanku?'
Ini sering dialami oleh sebagian orang yang merasa pasangannya sangat keras kepala dan tidak mau mendengarkan nasihat yang diberikan. Ini memang pertengkaran yang cukup serius. Jika Anda terlalu banyak mengalami hal ini, Anda dan pasangan perlu bekerja sama untuk mengevaluasi apa yang salah dalam hubungan kalian. Anda boleh merasa menjadi korban atau orang yang tidak didengarkan oleh pasangan. Namun, sebaiknya jangan menghakimi dengan mengatakannya secara frontal. Ada baiknya Anda mengutarakan apa yang dirasakan secara langsung. Berikan pemikiran sekaligus pengertian agar si dia mengerti yang Anda inginkan.

3. 'Kamu berteman dengan mantan di Facebook?!'
Hubungan pasangan dengan para mantan terkadang bisa menjadi misteri besar bagi Anda. Pada akhirnya, beberapa orang mungkin tidak mengerti tentang hubungan pertemanan biasa yang dijalani oleh pasangan dengan mantannya. Terlebih, bila itu di media sosial. Belum tentu mereka berinteraksi secara intensif dengan mantan. Bagi Anda yang merasa terganggu dengan hubungan tersebut, sebaiknya beritahu pasangan dengan baik-baik. Minta penjelasan juga tidak apa. Sedikit cemburu tidak ada salahnya, lho. Namun, tentu Anda perlu mengerti perbedaan tipis antara kecemburuan dan posesif.

6 Pertengkaran yang Sangat Normal Terjadi dalam Hubungan AsmaraFoto: Thinkstock


4. 'Bisakah kamu membantuku?'
Awal-awal tinggal bersama suami, mungkin kehidupan berjalan lancar dengan tugas rumah yang terbagi-bagi secara jelas. Namun, ada kalanya rasa malas muncul dan pasangan mulai terlihat malas membereskan piring sehabis makan, atau malas menaruh baju kotor di cucian. Tentu itu cukup mengganggu bagi Anda yang memiliki sifat rapi, bukan? Ini adalah hal yang normal dan tidak hanya terjadi pada kalian berdua saja. Kalau memang ini terjadi, utarakan secara langsung berikut alasan yang jelas. Pasangan pasti sadar kok, kalau diberitahu secara rutin. Setelah itu, Anda dan pasangan bisa membuat rencana pembagian tugas yang lebih baik.

5. 'Aku tidak mau!'
Hmm...ini bukan hal yang berkaitan dengan preferensi, ya. Namun, lebih pada ketidakinginan untuk sesuatu yang serius. Misalnya, saat Anda diajak ke acara keluarga besar pasangan, pasangan meminta Anda keluar dari pekerjaan untuk menjadi ibu rumah tangga saja, dan masalah serius lainnya. Tentu ini perlu dipikirkan dengan matang dalam komunikasi yang transparan karena ini termasuk masalah yang serius. Bisa jadi hubungan Anda makin lengket atau malah sebaliknya.

6. 'Kamu serius sama aku atau tidak?'
Ini sebenarnya cara yang salah untuk mengetahui apakah selama ini hubungan Anda dan pasangan serius atau hanya main-main. Namun, memang ini bisa terjadi pada hubungan siapapun. Ada kalanya Anda atau pasangan merasa bahwa hubungan ini sepertinya tidak akan menjadi hubungan jangka panjang. Untuk mengetahuinya, memang tidak selalu melalui pertengkaran, tetapi terkadang pertengkaran bisa memberikan jawaban pada salah satu dari kalian. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com