Rabu, 02/08/2017 19:24 WIB

5 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dialami Saat Kerja Depan Komputer

Rista Adityaputry - wolipop
5 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Dialami Saat Kerja Depan Komputer Foto: Thinkstock
Jakarta - Seharian berada di ruang kerja dan berkutat di komputer bisa memperburuk kesehatan. Efeknya bisa ke-mana-mana, dari pekerjaan yang tidak maksimal hingga penyakit yang menghantui.

Ini lima masalah kesehatan yang paling sering diderita karyawan karena terlalu lama bekerja di depan komputer, seperti dipaparkan Dokter Olahraga di Stanford Health Care Michael Fredericson, dan Stephen Aguilar, terapis dari UCLA Rehabilitation Services, dilansir oleh Fast Company.

1. Sakit Punggung
Duduk selama berjam-jam di depan layar komputer bisa memicu sakit punggung. Entah itu hanya nyeri sesaat atau rasa sakit dan pegal yang terus-menerus, hal tersebut bisa terjadi karena posisi duduk yang terlalu menyender ke belakang maupun membungkuk ke depan. Posisi ini bisa membuat ligamen dan otot punggung menjadi tegang.

Cara mengatasi: Anda bisa gerakkan pinggang ke depan dan ke belakang, miringkan pinggul ke atas, putar punggung Anda, dan terakhir miringkan pinggul Anda kembali. Untuk jangka waktu yang lama, Anda juga bisa menggunakan bantalan di punggung agar tubuh tidak melakukan posisi yang buruk. Hindari kaki yang menggantung dari kursi karena berat kaki yang tidak disokong akan membuat otot punggung semakin tegang.

2. Pergelangan Tangan Keseleo
Menghabiskan waktu dengan mengetik, baik di keyboard maupun di ponsel membuat tendon di pergelangan tangan Anda maju dan mundur. Kegiatan ini bisa memicu kelelahan dan tendon kemudian bisa membengkak. Posisi duduk dengan pundak membungkuk ke depan juga bisa menjadi alasan pergelangan tangan yang sakit.

Cara mengatasi: Lakukan peregangan dengan menempelkan kedua telapak tangan di depan dada. Sambil melakukan itu, turunkan dua tangan Anda yang menempel hingga Anda merasa otot tangan melemas. Lakukan selama 5 detik. Untuk jangka panjang, biasakan mengetik dengan pergelangan tangan yang menggantung horizontal di udara, tidak terlalu tinggi tapi juga tidak bertumpu di atas meja. Anda juga bisa menggunakan bantalan untuk pergelangan tangan dan sesekali beristirahat.

3. Sakit Leher dan Pundak
Selain punggung, leher dan pundak bisa berpengaruh jika seseorang terlalu lama bekerja di depan komputer. Anda mungkin tidak terlalu merasakannya ketika menghadap layar, tetapi rasa nyeri dan pegal bisa tiba-tiba datang ketika Anda menggerakkan leher atau memutar pundak. Layar yang terlalu jauh bisa menyebabkan leher dan pundak terlalu maju ke depan sehingga otot dan jaringan lunak menjadi lebih tegang.

Cara mengatasi: Anda bisa melakukan peregangan kepala dengan menggerakkan dagu Anda ke depan dan belakang secara searah. Lakukan sebanyak empat kali dan dalam posisi duduk yang tegak. Anda juga bisa memiringkan kepala ke kanan dan ke kiri dengan posisi tangan yang lurus agar peregangan maksimal. Tahan selama 20 hingga 60 detik dan lakukan sebanyak empat kali. Kemudian, biasakan diri memosisikan komputer sejajar di depan Anda. Memiringkan komputer ke kanan atau kiri bisa memaksakan lehermu untuk melakukan posisi kaku.

4. Mata Tegang
Melihat ke layar komputer dan ponsel terlalu dekat atau jauh dalam waktu lama bisa membuat Anda pusing dan sulit fokus. Orang juga jadi jarang mengedipkan mata di depan layar sehingga mata menjadi kering.

Cara mengatasi: Setiap 20 atau 30 menit sekali Anda perlu melihat ke hal-hal lain di sekitar Anda selama 20 detik agar mata beristirahat. Buat jarak antara komputer dan mata Anda menjadi 50-100 centimeter. Anda juga bisa memberikan filter pada komputer agar mengurangi silau. Untuk yang berkacamata, sempatkan mengukur jarak antara komputer dan kedua mata Anda. Konsultasikan kepada ahli kacamata untuk mengganti lensa yang cocok dengan jarak tersebut.

5. Pinggul Tegang
Seharian duduk di kursi kerja, kursi pengemudi, hingga kursi di rumah sebenarnya memperpendek fleksor pinggul Anda, yaitu sekumpulan otot di bagian depan pinggul. Pendeknya fleksor bisa menyebabkan pinggul sakit dan tegang.

Cara mengatasi: Lakukan peregangan dengan berlutut di lutut kiri dan letakkan kaki kanan ke depan dengan lutut kanan ditekuk pada sudut 90 derajat. Majukan pinggul dengan lutut kanan sembari menekuk lutut dan tarik bokong Anda ke dalam sampai Anda merasakan peregangan untuk pinggul kiri. Tahan selama 30 detik lalu lakukan sebaliknya. Lebih baik lagi apabila Anda berdiri dari kursi dan melakukan peregangan secara keseluruhan dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com