Selasa, 01/08/2017 19:32 WIB

Kebiasaan Ini yang Sebabkan Anda Tambah Capek Sepulang Bekerja

Rahmi Anjani - wolipop
Kebiasaan Ini yang Sebabkan Anda Tambah Capek Sepulang Bekerja Foto: Thinkstock
Jakarta -
Setiap pekerja pasti pernah merasa sangat lelah setelah pulang kantor. Padahal mereka tidak bekerja mengandalkan kekuatan fisik bahkan hanya duduk seharian. Mungkin Anda juga sering bingung apa yang menyebabkannya. Jika begitu, pendapat dari para ahli berikut patut disimak. Dikatakan bahwa berpikir memang buat otak lelah apalagi jika Anda membaca email seharian.

Email memang menjadi media komunikasi yang penting saat bekerja. Takut ada pesan penting yang harus dijawab, para pekerja pun rajin memeriksanya. Kebiasaan ini mungkin tampak sepele namun menurut ahli, membaca email seharian bisa melelahkannya karena butuh kerja otak. Dan semakin banyak otak bekerja, semakin lelah dan penat juga Anda.

"Ototmu biasanya tidak menyedot banyak oksigen. Tapi kalau olahraga, iya. Tapi otaklah yang selalu mengambil energi paling banyak," ungkap Steven Feinsilver selaku director of sleep medicine di Lenox Hill Hospital.

Dikatakan jika membaca email seharian sama melelahkannya seperti olahraga. Namun tidak seperti olahraga, kebiasaan itu tidak punya manfaat berarti. Kelelahan otak karena seharian membaca email pun bisa diperparah jika Anda berada di lingkungan orang-orang stres. Hal ini lah yang membuat Anda semakin lelah sepulang kerja.

"Emosi bisa menular jadi lingkunganmu bisa membuatmu lelah. Jika kamu berada dalam grup orang yang semuanya membicarakan betapa stres dan lelahnya mereka, lama-lama, ini akan menjadi perilaku normatif pada grup," kata Curtis Reisinger, PhD selaku psikolog klinis di Zucker Hillside Hospital.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari atau paling tidak mengurangi kelelahan otak karena bekerja? Curtis menyarankan agar para pekerja banyak minum air putih dan sesekali jalan-jalan.

"Aturannya adalah paling tidak setiap setengah jam sekali kamu berdiri dan berjalan, ambil segelas air, dan membungkuk. Orang-orang bisa dehidrasi ketika mereka duduk dan hidrasi sangat sangat penting untuk perasaanmu," saran Curtis. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com