Senin, 31/07/2017 09:09 WIB

Hati-hati yang Suka Pakai Sandal Jepit, Kaki Bisa Kena Gangguan Parah Ini

Hestianingsih - wolipop
Hati-hati yang Suka Pakai Sandal Jepit, Kaki Bisa Kena Gangguan Parah Ini Foto: Getty Images
Jakarta - Suka pakai sandal jepit kemana-mana? Hati-hati, ada bahaya di balik pemakaian sandal jepit terus menerus.

Banyak orang suka memakai sandal jepit karena dinilai sebagai alas kaki paling mudah dan nyaman dipakai. Tapi perlu diketahui juga jika memakai sandal jepit setiap hari dan dalam waktu lama, berbagai risiko kesehatan bisa menghantui.

Masalah paling utama dengan sandal jepit adalah strukturnya yang tidak cukup optimal menopang tubuh. Sandal jepit tidak memiliki lengkungan yang mengikuti struktur telapak kaki. Sandal jepit juga tidak punya fitur untuk melindungi tumit.

Apa yang terjadi jika kaki tidak selalu mendapat topangan yang baik ketika berjalan? Dr Camilla Long dari Wake Forest Baptist Medical Center menjelaskan, Anda akan mengalami masalah pada achilles tendon, jaringan keras penghubung otot betis dan tulang tumit. Bisa juga mengalami sakit pada punggung.

Terlalu sering memakai sandal jepit juga bisa menyebabkan perubahan pada cara kita berjalan. Hal itu bisa berujung timbulnya sakit punggung yang lebih lagi.

Belum sampai di situ, masih ada lagi dampak negatif dari memakai sandal jepit terus menerus. Antara lain plantar fasciitis, yakni peradangan pada area plantar fascia; jaringan padat dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki penghubung tulang jari kaki ke tumit.

Peradangan ini bisa terjadi ketika ligamen yang menopang lengkungan pada telapak kaki jadi menegang, robek, dan akhirnya bengkak yang menyebabkan sakit teramat sangat.

Ketika sudah terjadi, masalah pada kaki tersebut akan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu disarankan tidak memakai sandal jepit setiap hari terlebih lagi ketika beraktivitas berat. Pakai sandal jepit saat mengemudi juga tidak disarankan karena sandal jepit tidak cukup memberi bantalan untuk menopang telapak kaki ketika ditekankan ke pedal rem, gas atau kopling. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com