Jumat, 21/07/2017 19:33 WIB

Alasan Generasi Millennial Cenderung Suka Selingkuh

Alissa Safiera - wolipop
Alasan Generasi Millennial Cenderung Suka Selingkuh Foto: Thinkstock
Jakarta - Generasi Millennial saat ini rasanya tak lagi memprioritaskan komitmen dalam hubungan di posisi puncak. Tak jarang pula selingkuh menjadi hal biasa di antara mereka. Lantas, apa yang jadi alasan orang muda suka berselingkuh? Jawabannya, Millennial takut akan transisi menjadi dewasa.

Peneliti dari University of Tennessee baru saja menerbitkan jurnal berjudul 'Journal of Sex Research' yang akan membahas lebih detail tentang pertanyaan di atas. Para peneliti bertanya kepada 104 orang yang baru dewasa, rata-rata berusia 22 tahun. Responden ini terdiri atas 60 persen wanita dan 40 persen pria.

Partisipan mengatakan mereka pernah selingkuh dari pasangannya dalam enam bulan terakhir. Mereka lalu menuliskan pengalamannya dan diminta menjawab beberapa pertanyaan mengenai kedekatan dengan pasangan terdahulu.

Peneliti menemukan 76 orang di antaranya mengatakan alasan utama berselingkuh adalah tidak mendapat semua yang mereka inginkan. Hal ini termasuk kepuasan seksual dan juga komunikasi yang baik dari pasangannya. Itulah alasan mereka mencari kekurangan tersebut dari 'tempat' lain.

23 persen lainnya mengatakan bila selingkuh adalah sarana diri mereka untuk 'merdeka' dari pasangannya. Mereka ingin memiliki identitasnya sendiri. Sisanya mengungkapkan daya tarik seksual, dan ketertarikan pada orang baru sebagai pemicunya.

Peneliti mengatakan bila generasi di awal usia 20-an tengah berada dalam masa mengeksplorasi diri sendiri dan kebutuhannya. Intimasi hubungan adalah salah satu cara mereka mengenal diri sendiri.

"Beranjak dewasa adalah tahap perkembangan yang unik di mana orang muda memiliki banyak hal untuk dilakukan, dan penting untuk mempertimbangkan konteks di mana perselingkuhan terjadi," ujar peneliti Jerika Norona yang dikutip dari Allure.

Untuk menjadi dewasa, Anda tak bisa beralasan bila 'mencari jati diri' adalah alasan valid seseorang berselingkuh. Dibanding memainkan hati orang lain, lebih baik manfaatkan waktu untuk sendiri dan pelajari apa yang Anda butuhkan dan inginkan. (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com