Senin, 17/07/2017 19:30 WIB

Hati-Hati! Putus Cinta Bisa Bikin IQ Kamu Turun

Anggi Mayasari - wolipop
Hati-Hati! Putus Cinta Bisa Bikin IQ Kamu Turun Foto: Thinkstock
Jakarta -
Putus cinta memang menjadi salah satu hal yang paling menyakitkan. Tak hanya berdampak pada kesedihan dan psikis seseorang, putus cinta juga memengaruhi kecerdasan intelektual.

Sebuah studi dari Case Western Reserve University, Ohio, baru-baru ini menemukan bahwa mengakhiri hubungan sebagai pasangan bisa menurunkan kemampuan berpikir atau IQ. Para peneliti ini melakukan penelitian kepada sejumlah pelajar yang mengalami putus cinta. Kemudian mereka membagi responden ini menjadi dua kelompok untuk mengikuti proses perkenalan hingga responden ini ditolak oleh teman kencannya.

"Anak-anak yang ditolak cenderung memiliki sikap agresif dan kami menemukan bahwa siswa yang ditolak mengalami penurunan IQ," kata Roy Baumeister, pemimpin penelitian kepada New Scientist.

Hasilnya, peneliti menemukan dan melihat penurunan kecerdasan intelektual berdasarkan test yang dilakukan setelah subjek penelitian mengalami penolakan. Untuk menarik kesimpulannya, peneliti kemudian membandingkan antara hasil test kelompok responden yang mengalami penolakan dengan kelompok yang mengalami penerimaan oleh teman kencannya.

Pada kelompok yang terdiri dari korespenden yang tidak mengalami penolakan terhadap teman kencannya menunjukkan peningkatan pada hasil tes IQnya. Sementara itu, bagi kelompok yang mengalami penolakan, kecerdasan intelektual atau IQ-nya menurun sekitar 25 persen.

"Putus cinta dan patah hati cendurung membuat orang lebih impulsif dan merusak diri sendiri," jelas Roy.
(agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com