Minggu, 16/07/2017 21:14 WIB

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil Pasca Perceraian

Anggi Mayasari - wolipop
5 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil Pasca Perceraian Pasangan bercerai. Foto: Thinkstock
Jakarta - Perceraian memang merupakan perpisahan yang menyakitkan bagi setiap pasangan. Bagi wanita yang mengalami perceraian tentu tak bisa menyangkal dan mengatakan bahwa hal itu mudah dilalui.

Tapi dalam beberapa hal, perceraian bisa jadi sebuah pelajaran hidup untuk membenahi diri. Jika dengan sangat menyesal perceraian tak bisa terhindarkan, ini lima dampak positif yang bisa diambil untuk bisa jadi individu yang lebih baik ketika ingin berhubungan lagi dengan orang lain.

1. Kebenaran
Perbedaan memang baik bagi Anda dan pasangan agar hubungan menjadi kuat dalam menghadapi masalah. Tapi jika Anda dan pasangan terus-terusan saling berlawanan dalam segala hal, Anda setidaknya perlu menerima kebenaran bahwa hubungan tersebut sudah tidak cocok lagi untuk dilanjutkan. Perceraian mungkin salah satu jalan satu-satunya untuk menerima kebenaran bahwa Anda dan pasangan memiliki tujuan karier, sudut pandang dan kehidupan yang berbeda.

2. Membenahi Diri Sendiri
Setelah bercerai, Anda akan memiliki waktu untuk membenahi diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Anda bisa mengerjakan beberapa hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Anda berhak menjalani pilihan yang Anda suka, hal tersebut akan membuat Anda optimis dan percaya diri untuk menjalani hari.

3. Kuat
Kegagalan yang dialami dalam mengarungi kehidupan rumah tangga bisa membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih kuat. Perceraian membuat Anda kuat untuk bertahan dan menghadapi masalah yang terjadi.

4. Lebih Hati-hati Menjalani Hubungan
Perceraian terkadang membuat Anda trauma untuk membuka hati dan membina hubungan lagi. Namun seiring berjalannya waktu, perceraian yang terjadi bisa membuat Anda lebih berhati-hati untuk mencari seseorang yang akan menjadi pendamping hidup nanti.

5. Belajar Mencintai dan Menerima Seseorang
Anda berhak mendapatkan cinta yang baru, meskipun perceraian dan kegagalan dalam membina hubungan rumah tangga adalah perpisahan yang menyedihkan. Belajar dari rasa sakit setelah mengalami perceraian membuat Anda berusaha kembali untuk mencintai dan menerima seseorang dengan baik. (agm/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177