Sabtu, 15/07/2017 12:15 WIB

Peneliti Ungkap Tidur yang Cukup Bikin Wanita Lebih Cerdas

Arina Yulistara - wolipop
Peneliti Ungkap Tidur yang Cukup Bikin Wanita Lebih Cerdas Foto: Thinkstock
Jakarta - Tidur cukup dan berkualitas di malam hari dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Max Plank Institute menunjukkan bahwa tidur cukup dapat membuat wanita lebih cerdas.

Peneliti melakukan analisa terhadap 160 orang dewasa tentang kapasitas tidur mereka dan hubungan dengan tingkat intelegensia yang didapat akibat tidur cukup. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur malam yang berkualitas dapat meningkatkan kekuatan otak wanita.

Baca juga: 12 Hal yang Perlu Dilakukan di Pagi Hari agar Anda Selalu Bahagia

Penelitian ini ditunjukkan berdasarkan perbandingan aktivitas otak yang dihasilkan saat tidur dengan tingkat IQ kemudian dicocokkan dengan gender dari subjek penelitian. Hasilnya diketahui banyak aktivitas otak yang meningkat dari subjek wanita yang tidur cukup. Sementara itu, otak pria mendapatkan manfaat yang lebih besar ketika mereka tidur siang dalam waktu yang singkat.

Hasil penelitian ini juga sesuai dengan riset yang dilakukan oleh Sleep Research Centre, Loughborough University. Menurut Profesor Jim Horne, secara biologis wanita memang membutuhkan waktu tidur lebih lama sekitar 20 menit dari pria. Alasannya karena otak wanita lebih sering digunakan untuk multitasking dan kompleks sehingga istirahatnya juga lebih lama.

"Kerja otak wanita berbeda dari pria dan lebih kompleks, oleh karena itu kebutuhan tidurnya akan sedikit lebih besar. Bagi wanita masalah kekurangan tidur ini bisa terkait erat dengan tekanan psikologis tingkat tinggi seperti rasa permusuhan, depresi, dan kemarahan yang akan melemahkan sistem kerja otak," kata Jim Horne seperti dilansir Vanwinkles.

Baca juga: Jangan Langsung Tidur, Lakukan 3 Hal Ini Usai Bercinta Agar Kian Mesra (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177