Jumat, 14/07/2017 11:26 WIB

Indahnya Taman Kanak-kanak Berbentuk Istana Dongeng di Rusia

Rista Adityaputry - wolipop
Indahnya Taman Kanak-kanak Berbentuk Istana Dongeng di Rusia Taman Kanak-kanak berbentuk istana di Rusia. Foto: Dok. Oddity Central
Jakarta - Taman Kanak-kanak (TK) merupakan bagian dari dimulainya pendidikan seorang anak. Sebagai awal pendidikan yang penting, Rusia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya mendukung penuh tentang pembangunan fasilitas TK tersebut.

Hal ini terlihat dari didirikannya sebuah TK yang memiliki bentuk paling mencolok, terlihat berbeda dari bangunan sekolah umumnya di Rusia. Jika tidak tertulis nama bangunan tersebut, mungkin orang akan mengira itu adalah sebuah istana boneka yang besar.

Sejumlah 150 anak yang akan bersekolah di sini mungkin menjadi anak-anak yang beruntung karena bisa bersekolah sekaligus merasakan seperti apa hidup di negeri dongeng. TK yang dinamakan The Castle of Childhood itu benar-benar berbentuk sesuai dengan namanya, yaitu istana negeri dongeng.
Cantiknya Taman Kanak-kanak Berbentuk Istana Dongeng di RusiaTaman Kanak-kanak berbentuk istana. Foto: Dok. Oddity Central

Terdiri atas satu bangunan ala abad pertengahan yang besar, The Castle of Childhood memiliki sejumlah area permainan yang lengkap, seperti ayunan dan perosotan, rumah-rumahan, lapangan sepakbola, jalur untuk olahraga lari, laboratorium, hingga taman bunga. Warna gedungnya beragam sesuai dengan tema anak-anak yang ceria, dari oranye, kuning, hijau, dan pink. Semua desain tersebut dibuat agar sang anak semakin bersemangat untuk sekolah sekaligus membuat anak tidak cepat bosan.
Cantiknya Taman Kanak-kanak Berbentuk Istana Dongeng di RusiaTaman kanak-kanak dilengkapi ruang bermain. Foto: Dok. Oddity Central

Dilansir oleh Oddity Central, lokasi pembangunan terletak di Lenin State Farm dan diresmikan pada 2013. Ide untuk membangun TK istana ini berasal dari Pavel Grudinin, pemimpin kawasan tanah pertanian tersebut. Sebelumnya, ia mengunjungi Kastil Neuschwanstein di Jerman yang terkenal akan keindahannya dan menjadi inspirasi untuk bentuk kastil Puteri Tidur di Disneyland. Saking terkesannya, ia ingin membuat istana yang sama untuk anak-anak di Rusia dan kemudian terciptalah The Castle of Childhood.
Cantiknya Taman Kanak-kanak Berbentuk Istana Dongeng di RusiaTaman kanak-kanak bentuk istana di Rusia. Foto: Dok. Oddity Central

The Castle of Childhood hanya bisa menerima 150 siswa karena status pribadi yang dimilikinya. Orang tua yang ingin mengirimkan anaknya untuk bersekolah di sana, perlu membayar USD 463 atau sekitar Rp 6,2 juta per bulan. Meskipun berstatus privat, pemerintah Rusia memberikan subsidi kepada 100 anak sehingga orang tua hanya perlu membayar USD 30 atau Rp 400 ribu setiap bulannya.

Dengan harga yang relatif terjangkau tersebut, bukan berarti pendidikannya ikut minim. Dilansir situs Russia Beyond The Headlines, sistem pendidikannya sangat menarik, meliputi sekolah alam di lingkungan yang santai dan menggunakan metode Orff, yaitu metode yang menggabungkan musik, gerakan, drama, dan pidato. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177