Kamis, 13/07/2017 16:07 WIB

Inspiratif, Gadis Cantik yang Jadi Dokter Termuda di Usia 19

Anggi Mayasari - wolipop
Inspiratif, Gadis Cantik yang Jadi Dokter Termuda di Usia 19 Foto: Ist.
Jakarta - Biasanya kebanyakan wanita di usia muda menghabiskan waktu bersenang-senang bersama teman-temannya ataupun kekasih. Namun seorang gadis cantik berusia 19 tahun ini sibuk belajar dan mempersiapkan gelar dokternya.

Chan Hao Shan tahun depan akan lulus dari Taylor's School of Medicine dan menjadi dokter termuda di Malaysia. Dalam sebuah wawancara dengan media lokal, gadis cerdas ini mengungkapkan bahwa dirinya sudah memiliki kegemaran membaca buku-buku sejak kecil.

"Saya tidak akan berhenti membaca buku. Kata ibuku kemampuan melahap buku yang saya lakukan sangat cepat. Buku Harry Potter dan The Hunger Games adalah bacaan favoritku," kata Chan kepada media lokal Sinchew

Memiliki kemampuan akademis yang luar biasa untuk usianya ini, Chan mengungkapkan tak ada perlakuan khusus atau istimewa yang dilakukan oleh orangtuanya selama masa asuhannya. Hanya saja, Chan sangat suka membaca sehingga ia bisa membaca segala sesuatu yang ada di hadapannya, meskipun ia memiliki ketertarikan khusus pada buku-buku yang berkaitan dengan organisme hidup dan sains.
Inspiratif, Gadis Cantik yang Jadi Dokter Termuda di Usia 19Foto: Ist.

Ayah Chan adalah seorang insinyur, sementara itu ibunya adalah seorang akuntan. Saat Chan berusia delapan tahun, ia harus bersedih mendengar ibunya didiagnosis menderita kanker payudara, dan saat itulah Chan mulai tertarik dengan bagaimana fungsi tubuh manusia.

"Saya penasaran dengan fungsi tubuh manusia. Misalnya, saya penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi di tenggorokan saat manusia menelan sesuatu," katanya.

Gadis yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata anak seusianya ini menghabiskan tiga tahun di sebuah sekolah dasar Tiongkok. Dan saat berusia 13 tahun, Chan berhasil menyelesaikan silabus sekolah menengah pertamanya.

"Saya suka menantang diri saya sendiri untuk melewatkan masa belajar di sekolah. Saya merasa bosan di kelas karena kemajuannya terlalu lamban, dan para guru terus mengulang hal yang sama. Hanya dalam beberapa hari, saya telah selesai mempelajari keseluruhan buku teks." tutur Chan

Melihat hal ini, salah satu guru Chan menyarankannya untuk melewatkan proses belajarnya selama beberapa tahun dan mengambil program akselerasi. Saat ini, gadis cantik dan cerdas itu sedang menantikan kelulusannya dan mendapat gelar dokter. Chanpun mengungkapkan bahwa rencana kedepannya ia ingin menjadi dokter spesialis. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com