Rabu, 12/07/2017 11:07 WIB

Eksperimen Sosial: Ini Reaksi Orang New York Saat Lihat Hijabers di-Bully

Arina Yulistara - wolipop
Eksperimen Sosial: Ini Reaksi Orang New York Saat Lihat Hijabers di-Bully Eksperimen sosial. Foto: Dok. YouTube Adam Saleh
Jakarta - Tak sedikit hijabers yang masih mengalami sikap diskriminasi di negara-negara barat. Ketika hijabers mendapat sikap kurang menyenangkan dari orang lain di publik seperti ditarik paksa jilbabnya atau kasus serupa, belum tentu ada yang membela mereka. Orang-orang di sekitar ada yang bersikap acuh tak acuh terhadap hal tersebut.

Vlogger populer dengan jumlah subscriber lebih dari 1,8 juta, Adam Saleh, membuat eksperimen sosial tentang sikap diskriminasi yang dialami hijabers saat berada di muka umum. Eksperimen ini dilakukan karena terinspirasi dari kisah ibunya.

Diakui Adam Saleh, sang ibunda pernah mendapat perlakuan tidak menyenangkan karena berhijab. Ia melihat dengan kepala matanya sendiri ada orang tak dikenal yang menarik paksa jilbab sang ibunda pada 2004 lalu. Tidak ada yang membela sang ibunda kala itu.

Terinspirasi dari kisah tersebut, ia membuat video eksperimen sosial untuk mengatahui apa reaksi warga New York saat melihat hijabers di-bully dengan memaksanya buka jilbab. Apakah masih sama seperti 2004 silam atau tidak?



Adam Saleh bekerjasama dengan teman wanitanya yang muslim tapi tidak berhijab. Ia pun meminta temannya mengenakan abaya hitam serta kerudung warna serupa. Adam Saleh sendiri berperan sebagai orang melakukan bullying terhadap 'hijabers'.

Sesi pertama dilakukan saat temannya duduk di taman. Di sebelahnya ada tiga orang pemuda dan satu wanita. Adam Saleh kemudian menghampiri temannya dan pura-pura menghardik lalu menarik paksa jilbabnya.
Eksperimen Sosial: Ini Reaksi Orang New York Saat Lihat Hijabers di-<i>Bully</i>Foto: Dok. YouTube Adam Saleh

Para pemuda-pemudi di sampingnya tidak membela hijabers malah salah satu pria menyebut dia manis saat jilbabnya terbuka. Eksperimen selanjutnya masih terjadi di sekitar taman. Saat hijabers duduk di taman, seorang pria tak dikenal mengatakan 'You're very gorgeous'.

Adam Saleh yang duduk di sebelahnya meminta hijabers buka jilbab namun temannya pura-pura tidak mau. Lalu ia menarik paksa jilbab temannya dan pria di sampingnya terkejut namun tak membelanya. Masih belum puas, Adam Saleh melanjutkan eksperimen sosialnya di tempat yang lebih ramai.
Eksperimen Sosial: Ini Reaksi Orang New York Saat Lihat Hijabers di-<i>Bully</i>Foto: Dok. YouTube Adam Saleh

Hijabers yang tidak lain adalah temannya duduk di tangga-tangga taman. Lalu Adam Saleh menghampirinya sambil meminta hijabers melepas jilbab dan menarik paksa. Terlihat orang-orang di sekitar memperhatikannya.

Satu pemuda dan beberapa wanita kemudian menghampiri Adam Saleh dan memarahinya. Mereka membela teman Adam Saleh yang berhijab. Salah satu wanita pun menyuruh Adam Saleh pergi dari tempat itu.

Kemudian eksperimen berlanjut ketika hijabers duduk di pinggir jalan raya. Terdapat beberapa orang sekitar yang sedang duduk di sampingnya. Adam Saleh pun menghampiri temannya itu dan langsung menarik jilbabnya hingga terlepas.

Seorang pria yang sedang menelepon menarik paksa jilbab di tangan Adam Saleh dan memberikannya ke hijabers itu. Pria berbaju hitam tersebut juga mendorong Adam Saleh seperti akan memukulnya.
Eksperimen Sosial: Ini Reaksi Orang New York Saat Lihat Hijabers di-<i>Bully</i>Foto: Dok. YouTube Adam Saleh

Ketika aksi yang sama terjadi di sebuah taman, hijabers juga dibela oleh beberapa orang di sekitarnya. Bahkan sampai ada yang mengusir Adam Saleh dengan kasar karena telah melakukan sikap diskriminasi.

Kesimpulan dari eksperimen ini dikatakan Adam Saleh bahwa hampir semua orang membela hijabers itu. Video ini telah ditonton lebih dai 9,7 juta kali dan mendapat likes 178 ribuan.

(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com