Rabu, 12/07/2017 10:10 WIB

Hindari 5 Makanan Ini Jika Tak Ingin Susah Konsentrasi Saat Kerja

Rahmi Anjani - wolipop
Hindari 5 Makanan Ini Jika Tak Ingin Susah Konsentrasi Saat Kerja Ilustrasi makanan. Foto: iStock
Jakarta - Selalu konsentrasi saat bekerja tentu bisa memuluskan jalan Anda menuju kesuksesan. Jika Anda selalu fokus dalam menyelesaikan tugas, kesalahan akan minim terjadi dan hasil kerja lebih maksimal. Konsentrasi kerja memang kadang sulit dilakukan karena berbagai alasan, mulai dari suasana kantor berisik hingga banyak pikiran. Tapi tahukah Anda jika makanan juga bisa sebabkan susah konsen kerja? Berikut lima makanan yang perlu dihindari agar tidak demikian:

1. Daging Olahan
Di pagi hari, mungkin Anda sering buru-buru sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan. Karenanya, banyak orang memilih daging olahan, seperti sosis atau nugget yang mudah dimasak. Namun makan tersebut sebaiknya dihindari karena bisa sebabkan susah konsentrasi kerja. Daging yang diproses dikatakan mengandung banyak garam yang bisa menimbulkan sakit kepala hingga brain fog atau kelelahan otak sehingga tak fokus dan susah ingat.

2. Olahan Susu
Makanan yang terlalu banyak diproses ternyata bukan hanya kurang baik untuk kesehatan namun juga karier. Dikatakan jika makanan olahan susu pun bisa sebabkan susah konsentrasi kerja. Apalagi untuk mereka yang sensitif dengan produk susu olahan. Seperti daging olahan, makanan-makanan itu juga bisa timbulkan brain fog.

"Untuk orang yang sensitif atau alergi terhadap makanan-makanan (produk olahan susu) ini, tubuh akan melihat protein itu sebagai ancaman dan memproduksi antibodi untuk 'mengejar' mereka," ungkap Garay Kaplan selaku ahli obat integratif kepada Mind Body Green.

3. MSG
MSG memang bukan makanan. Namun bahan ini tentu sering dimasukkan dalam menu Anda di keseharian. Meski buat makanan jadi enak, kebanyakan MSG dapat membuat Anda susah konsentrasi kerja karena sebabkan brain fog. Sebagai ganti MSG, Anda bisa menggunakan penyedap rasa yang lebih alamai seperti bubuk kunyit atau bawang putih..

4. Pemanis Buatan
Pemanis buatan juga banyak dimasukkan ke dalam asupan sehari-hari. Sayangnya jika dikonsumsi berlebihan, bahan itu bisa menimbulkan pusing, kebingungan, masalah dengan keseimbangan, hingga kebas. Jika tak mau bingung saat kerjakan tugas, saat minum kopi atau teh di pagi hari, pilih pemanis alami agar tidak susah konsentrasi ketika kerja nanti.

5. Alkohol
Anda tentu sudah tahu jika minuman beralkohol kurang baik bagi kesehatan. Bukan tidak mungkin jika kehidupan karier Anda juga jadi terganggu karenanya. Alkohol dikatakan juga dapat sebabkan brain fog sehingga konsentrasi terganggu ketika bekerja. (ami/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com