Selasa, 11/07/2017 13:41 WIB

Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 Tahun

Anggi Mayasari - wolipop
Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 Tahun Foto: Foto. Ist
Jakarta - Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang tentunya mendambakan bisa hidup lebih lama dan terbebas dari penyakit. Sementara itu, usia harapan hidup rata-rata manusia biasanya hanya bisa mencapai 80 tahun hingga 90 tahun. Namun, tak sedikit juga yang diberkahi dan bisa hidup sampai lebih dari 100 tahun. Kira-kira apakah rahasianya? Berikut beberapa rahasia panjang umur menurut lima wanita yang telah berusia lebih dari 110 tahun.

1. Emma Morano (117 Tahun)
Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 TahunFoto: Ist

Wanita asal Italia ini dilahirkan pada 1899. Berusia 117 tahun pada November tahun lalu, Emma mengungkapkan umur panjangnya itu didapat dengan diet sederhana dan sedikit tak biasa.

"Saya makan dua butir telur sehari. Dua telur mentah dan satu telur masak setiap hari," kata Emma dilansir oleh Independent.

Kebiasaan makan telur setiap hari telah dilakukannya sejak Emma berusia 20 tahun. Selain itu, ia juga tidak makan daging.

2. Violet Brown (117 Tahun)
Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 TahunFoto: Ist

Violet Brown adalah wanita tertua yang berasal dari Jamaika dan masih hidup. Lahir pada 10 Maret 1900, menurut anaknya, Harold Brown, Violet makan makanan dengan porsi yang sedikit dan tak pernah makan daging babi atau ayam.

"Makanannya mengandung banyak produk lokal seperti ubi jalar, sukun, jeruk, dan mangga. Tapi ia juga menyukai ikan dan daging kambing, terkadang ia juga akan menyantap kaki sapi," tuturnya.

Tak hanya itu, Violet juga mengungkapkan bahwa rahasianya untuk memiliki umur yang panjang adalah dengan menghormati kedua orangtua.

3. Nabi Tajima (117 Tahun)
Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 TahunFoto: Ist

Lahir pada tanggal 4 Agustus 1900, Nabi Tajima terverifikasi sebagai wanita tertua yang tinggal di kota Kagoshima, Jepang. Tajima memiliki sembilan anakn (tujuh putra dan dua putri). Pada 2015, ia memiliki lebih dari 140 keturunan termasuk 28 cucu, 56 cicit dan 35 canggah.

Tajima dinobatkan sebagai warga tertua di Jepang pada April 2015 setelah kematian Misao Okawa, yang memegang gelar orang tertua di dunia sebelumnya. Tajima belum pernah berbicara di depan umum tentang gaya hidupnya. Namun pada 2014, Okawa mengatakan kepada The Japan Times bahwa kunci umur panjang adalah makan-makanan yang lezat termasuk mie ramen, daging sapi, dan sushi.

"Makan dan tidur cukup. Anda juga harus belajar untuk rileks," katanya.

4. Ana Maria Vela Rubio (116 Tahun)
Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 TahunFoto: Ist

Ana Vela Rubio lahir pada tanggal 30 Oktober 1901, dan kini dirinya menjadi orang tertua di Spanyol. Ana lahir di Andalusia, namun pindah ke Barcelona lebih dari 50 tahun yang lalu. Nenek yang tahun ini berusia 116 tahun itu telah memiliki dua anak, empat cucu, dan tujuh belas cicit.

Menurut putrinya, rasa sayang Ana terhadap orang lain dan sikap positifnya itulah yang membuat Ana tetap hidup dan panjang umur.
"Ibu selalu mencari yang terbaik untuk kami, memberi kami pendidikan terbaik, dan telah membuat kami bahagia," jelasnya.

5. Adele Dunlap (114 Tahun)
Intip Rahasia Panjang Umur 5 Wanita Berusia Lebih Dari 110 TahunFoto: Ist

Adele lahir pada 12 Desember 1902. Bisa hidup lebih dari 100 tahun, Adele tidak pernah menjalani gaya hidup yang terlalu sehat. Namun di sisi lain, ia hanya selalu makan oatmeal.

"Dia tidak pernah pergi jogging atau semacamnya. Ia sempat merokok, namun ketika ayah saya mengalami serangan jantung pertamanya, mereka berdua berhenti merokok," ungkap Earl, anak Adele. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177