Jumat, 07/07/2017 18:53 WIB

Tips Hemat Uang dari Pria yang Punya Tabungan Rp 2,4 M di Usia 26

Rahmi Anjani - wolipop
Tips Hemat Uang dari Pria yang Punya Tabungan Rp 2,4 M di Usia 26 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Cara paling efektif untuk menambah saldo tabungan secara drastis adalah dengan memperbesar gaji atau cari penghasilan tambahan. Namun hal itu belum tentu bisa didapatkan semudah membalikkan telapak tangan. Cara paling mudah untuk mengumpulkan lebih banyak uang di rekening adalah dengan menghemat pengeluaran. Meski menghemat juga tidak gampang namun itu tentu akan berpengaruh besar jika dilakukan dengan benar.

Berhemat juga dilakukan blogger Money Wizard. Blogger dengan nama samaran Sean tersebut berhasil menyimpan banyak uang di rekeningnya. Di usia yang baru 26 tahun, Sean sudah punya saldo sekitar $181 ribu atau Rp 2,4 miliaran. Dengan uang sebanyak itu, bukan mustahil jika ia bisa sukses mewujudkan mimpi untuk pensiun di usia 37 tahun. Lalu seperti apa tips hemat dari Sean?

Dilansir Business Insider, Sean bisa menyimpan 65% penghasilannya setiap bulan. Sebagai analis finansial, ia menerima penghasilan sebanyak $80 ribu per tahun atau sekitar Rp 1 miliaran. Anda mungkin berpikir jika dengan pendapat itu wajar saja jika Sean bisa menabung banyak. Namun blogger ini juga suka traveling sehingga uangnya pun sering berkurang.

Bagi Anda yang sering merasa kesusahan menghemat dan menabung, perlu mencoba cara Sean. Setiap bulannya, Sean menyimpan uang secara otomatis sehingga lebih praktis dan mencegah boros. Tak lupa ia juga menyetor sebagain uang ke program dana pensiun dan investasi.

Menurutnya, menabungkan uang adalah strategi terbaik untuk menghemat yang tujuannya agar Anda tak boros. Ia pun menanamkan sebuah pola pikir yang membantunya menghemat pengeluaran. Yakni dengan menghitung setiap pengeluaran dengan berapa jam kerja yang harus dikorbankan.

Misalnya ketika ingin makan malam, ia mentotal semua harga kemudian menambahkan pajak. Jika makanan tersebut totalnya seharga $45 (Rp 600 ribuan), ia pun akan menghitung berapa jam waktu kerja yang dibutuhkan untuk mendapat $45. Bila harganya tidak sepadan dengan lamanya waktu yang harus direlakan untuk sebuah makan malam di restoran, Sean tidak akan jadi beli.

"Mengerti bahwa pada intinya uang adalah unit pertukaran waktu. Setiap pembelian mengorbankan waktu, sumber daya paling terbatas yang kita punya," ungkap Sean."Sekarang pikirkan waktu yang kamu habiskan di tempat kerja, menelepon, dan berhadapan dengan pelanggan yang sulit," tambah Sean.

(ami/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com