Jumat, 07/07/2017 13:45 WIB

Ingin Punya Anak Setelah Nikah? Peneliti Harvard Sarankan Cari Brondong

Rahmi Anjani - wolipop
Ingin Punya Anak Setelah Nikah? Peneliti Harvard Sarankan Cari Brondong Foto: Thinkstock
Jakarta - Segera menikah dan punya anak menjadi impian banyak wanita single. Apalagi untuk mereka yang sudah merasa cukup umur untuk berkeluarga. Jika Anda salah satunya dan belum punya pasangan, mungkin bisa melirik para brondong di sekitar. Menurut para peneliti Harvard, pria yang lebih muda patut dipertimbangkan sebagai calon suami karena punya kemungkinan lebih tinggi untuk cepat punya anak.

Penelitian tersebut dilakukan Harvard Medical School. Berdasarkan hasil riset dikatakan brondong punya kelebihan di banding pria seumuran atau lebih tua untuk wanita yang ingin segera punya anak. Mereka bukan hanya unggul karena usia yang lebih muda sehingga fisik yang kemungkinan lebih menarik dan kuat. Brondong juga dikatakan punya sperma yang lebih cocok dengan indung telur wanita lebih tua sehingga keduanya akan lebih cepat punya anak.

Bukan rahasia lagi jika kesuburan wanita menurun seiring dengan pertambahan usia. Sedangkan pria cenderung stabil sehingga masih ada kemungkinan memiliki anak bahkan di usia senja. Meski begitu, sperma pria yang berusia lebih muda lah yang menurut riset paling kuat untuk membuahi wanita lebih tua dibanding lelaki dengan umur sama atau lebih tua.

Penemuan itu didapatkan dari hasil riset yang menganalisa 7.753 pasangan yang menjalani treatment kesuburan. Diketahui jika wanita yang punya pasangan pria lebih tua lebih kesulitan untuk memiliki anak. Sedangkan wanita 35 hingga 40 tahun dengan suami di bawah usia 30 terbukti 30% lebih sukses dalam program bayi tabung.

Sementara wanita di bawah 30 tahun dengan pasangan berusia 40 sampai 42 punya kemungkinan 46% lebih rendah untuk cepat dapat anak di banding mereka yang bersuami umur 30 hingga 35. Tapi untuk wanita yang berusia di atas 40, usia suami tampaknya tidak berpengaruh.

"Usia wanita adalah faktor penting tapi penelitian ini menunjukkan bahwa kamu bisa mengatasinya dengan pria yang lebih muda. Sepertinya indung telur yang lebih tua lebih cocok dengan sperman pria muda," ungkap dokter Gillian Lockwood selaku ahli kesuburan kepada Telegraph. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com