Rabu, 05/07/2017 16:13 WIB

Alasan Kurang Menyenangkan Boarding Pass Diminta Saat Belanja di Bandara

Rahmi Anjani - wolipop
Alasan Kurang Menyenangkan Boarding Pass Diminta Saat Belanja di Bandara Foto: Thinkstock
Jakarta - Meski sudah merasa menyiapkan segalanya, kadang tetap saja ada barang yang ketinggalan ketika akan naik pesawat. Mau tak mau, Anda harus membelinya di dalam bandara. Ketika itu, biasanya penjaga toko akan meminta boarding pass saat ingin melakukan pembayaran. Sebagian orang menganggap ini untuk alasan keamanan tapi tahukah Anda mengapa prosedur tersebut sebenarnya dilakukan?

Anda mungkin juga sering mengalaminya namun tidak pernah terpikir untuk apa hal ini dilakukan atau malas menanyakan. Tahukah Anda jika alasan di baliknya ternyata kurang menyenangkan? Menurut The Independent, melihat boarding pass sebelum transaksi belanja diterapkan agar toko bisa meraup lebih banyak keuntungan.

Martin Lewis, penulis buku Money Saving Expert melakukan penelitian mengenai kebijakan ini dengan berkunjung ke sejumlah toko di bandara. Menurutnya, sejumlah toko punya aturan berbeda. Ketika mengunjungi gerai duty-free dikatakan jika boarding pass dibutuhkan untuk mengontrol pembelian alkohol dan rokok. Sedangkan di toko lain, membeli alkohol dan rokok tidak perlu menunjukkan boarding pass.

Dikatakan jika memberikan boarding pass kepada kasir bukanlah aturan wajib. Namun hal ini dilakukan banyak toko untuk melihat kemana para pembeli akan pergi. Menurut The Independet, sejumlah toko seperti Boots meraup PPN sebanyak 20% pada pelanggan yang akan bepergian ke Eropa. Tidak diketahui apakah aturan ini berlaku di semua toko bandara.

"Alasan mereka memintamu menunjukkan boarding pass dan kamu ternyata pergi ke luar Uni Eropa adalah agar mereka bisa mengklaim PPN mereka kembali. Sekarang aku percaya mereka seharusnya memberitahu kamu mengenai hal ini tapi mereka tidak melakukannya," kata Martin dilansir Express.

Fakta ini memang tidak disadari kebanyakan orang. Karenanya, cukup banyak pelanggan yang marah ketika mengetahui jika menunjukkan boarding pass bukan hal wajib dan bisa dilakukan untuk kepentingan toko itu sendiri. Mengatahui hal tersebut, beberapa pelanggan di bandara Heathrow London pun dikabarkan pernah melakukan protes di depan toko karena enggan menunjukkan boarding pass.

Kini setelah mengetahui fakta ini, kita jadi tahu jika menyerahkan boarding pass ketika membeli barang di toko bukan sebuah kewajiban atau untuk alasan keamanan. Jadi, Anda bisa saja menolak jika memang benar-benar terganggu dengan prosedur itu. Hal tersebut juga disarankan Martin Lewis dalam bukunya. Menurutnya, itu dapat menjadi salah satu cara untuk mengubah sistem salah yang kini berjalan.

"Jika orang-orang tidak memberikan boarding pass mereka (ketika akan membayar), itu akan memaksa perusahaan untuk menyadarinya dan kemudian mengambil tindakan (mengenai kebijakan itu)," ungkap Martin pada buku tersebut. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177