Rabu, 28/06/2017 13:08 WIB

Malas Unpacking? Ini 5 Cara Mudah Bongkar Koper Setelah Mudik

Rista Adityaputry - wolipop
Malas Unpacking? Ini 5 Cara Mudah Bongkar Koper Setelah Mudik Foto: Thinkstock
Jakarta - Lebaran telah usai, Anda yang mudik ke kampung halaman pun bersiap kembali ke rumah.

Baca Juga: Yuk Ikut Kontes Foto Mudik Berhadiah Tiket ke Singapura & Samsung Galaxy S8

Bagi Anda yang sudah pulang mudik, efek libur Lebaran tentu masih terasa hingga biasanya, beberapa orang menunda untuk mengeluarkan barang bawaan mereka di tas dan koper saat mudik.

Malas unpacking? Ini 5 cara mudah bongkar setelah mudik.Malas unpacking? Ini 5 cara mudah bongkar setelah mudik. (Foto: Thinkstock)


Bahkan, ada yang baru melakukannya beberapa hari setelah mudik. Sebenarnya ada cara lebih cepat tanpa harus repot membongkar seluruh barang bawaan Anda. Dilansir oleh Her Packing List, berikut solusi bagi Anda yang malas membongkar isi koper setelah pulang mudik.

1. Tempatkan di Area Luar
Seseorang mungkin tidak pernah tahu seberapa banyak bakteri dan kuman yang ada di koper. Selama perjalanan mudik, tentu koper telah berjalan di atas berbagai jenis area, seperti aspal, lantai rumah, hingga tanah. Menyimpan koper di kamar atau koridor ruangan bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai tungau yang dapat berpindah ke tempat tidur atau sofa Anda. Sebaiknya, simpan koper di area terbuka, misal: garasi, balkon, atau teras rumah. Anda tentu tidak mau terkena gatal-gatal hanya karena sembarangan menyimpan koper, bukan?

2. Cuci Semua Pakaian
Mungkin terdengar merepotkan, namun sama seperti alasan di atas, pakaian yang tersimpan di koper sebenarnya berpotensi dua kali lipat lebih kotor daripada sebelum Anda memasukkannya ke dalam koper. Beberapa orang biasanya tidak ingin kerepotan dengan langsung memasukkan pakaian yang masih bersih selama mudik ke dalam lemari. Khususnya, bagi seseorang yang biasa mencampurkan plastik berisi pakaian kotor dengan pakaian bersih di koper.

Baca Juga: 5 Tips Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran Tanpa Olahraga

3. Taruh Alat Mandi di Kamar Mandi
Apa Anda tergolong sebagai orang yang suka membawa tas organizer selama mudik? Beruntung bagi yang suka mengatur barang mereka di tas khusus ini, Anda bisa langsung menaruh tas-tas tersebut di area yang tepat. Misalnya, tas berisi peralatan mandi langsung ditaruh di kamar mandi atau tas obat-obatan langsung ditaruh di kotak medis. Ini bisa mencegah rasa malas yang kerap menghantui saat membongkar koper mudik Anda. Tanpa Anda sadari, Anda akan membongkar sendiri tas-tas kecil tersebut saat dibutuhkan.

Malas <i>Unpacking</i>? Ini 5 Cara Mudah Bongkar Koper Setelah MudikFoto: Thinkstock


4. Taruh Pernak-Pernik di Tempat Familiar
Tak lengkap rasanya kalau mudik tidak membawa oleh-oleh dan suvenir khas. Bagi Anda yang suka mengumpulkan pernak-pernik yang diperoleh saat melakukan perjalanan mudik dan liburan, Anda tak perlu membongkarnya satu persatu. Cukup tempatkan di area umum yang bisa dilihat banyak orang, seperti ruang makan atau di atas kabinet yang ada di koridor rumah Anda. Segala macam pernik hingga pamflet bisa Anda kumpulkan di sana. Apabila disimpan di tempat tersembunyi seperti tas khusus, kemungkinan besar Anda jarang memiliki waktu untuk membongkar dan menyimpan pernik itu di tempat yang semestinya. Area umum bisa membuat Anda mau tak mau menaruh pernik kecil di tempat yang seharusnya.

Baca Juga: Pengalaman Mudik Dian Pelangi, Jadi Supir Karyawan Hingga Hampir Kecelakaan

5. Periksa, Bersihkan, dan Simpan Koper
Setelah koper Anda kosong, Anda bisa mulai memeriksa bagian-bagian koper yang kotor. Bersihkan koper sesuai instruksi yang disarankan bila diperlukan. Jika tidak ingin repot dan mau yang lebih praktis, Anda bisa memasukkannya langsung ke laundry atau servis perawatan tas dan koper. (Rista Adityaputry/dng)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177