Rabu, 28/06/2017 07:09 WIB

Tips Membersihkan Rumah yang Kotor Pasca Lebaran

Eny Kartikawati - wolipop
Tips Membersihkan Rumah yang Kotor Pasca Lebaran Foto: Thinkstock
Jakarta - Lebaran berarti ditinggal asisten rumah tangga pulang mudik dan Anda harus bekerjasama dengan suami dan anak-anak untuk membersihkan rumah. Bingung harus bagaimana membersihkan rumah yang kotor pasca didatangi tamu yang bersilaturahmi? Berikut tips membersihkan rumah setelah Idul Fitri.

Teras Depan
Teras depan merupakan bagian pertama dari rumah yang menjadi pilihan para tamu saat berkunjung untuk silaturahmi. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkannya adalah persiapkan keranjang cucian. Masukuan sepatu, sandal dan segala yang berserakan di teras ke dalamnya. Kemudian ceklah sarang laba-laba yang mungkin menggantung di dinding bagian depan rumah dengan menyalakan lampu teras. Kemudian pel lantai teras dan jangan lupa masukkan cairan anti kuman saat membersihkannya. Gantilah keset kotor dengan yang bersih.

Ruang Tamu
Tempat ini menjadi area dimana tamu banyak menghabiskan waktu di rumah Anda. Singkirkan barang-barang yang tidak perlu seperti mainan si kecil yang berserakan pasca dikeluarkan saat main bersama sanak famili di Hari Lebaran. Masukan barang-barang itu ke dalam kantong belanja berukuran besar. Setelah area tersebut sedikit 'bersih' dari benda yang berserakan, mulailah membersihkan meja dari noda-noda yang menempel dengan kain lap. Gunakan alat penyedot debu untuk membersihkan kotoran remah-remah yang menempel di karpet atau lantai.

Kamar Mandi
Walaupun kemungkinannya tidak besar, tetapi mungkin saja tamu akan masuk ke kamar mandi Anda. Bersihkan kamar mandi dengan handuk kertas yang telah dibasahi dengan alkohol. Sikat bersih cermin, wastafel, keran, dan kloset. Penting bagi Anda untuk tidak melewatkan membersihkan lantai dari rambut yang rontok.

Piring Kotor
Untuk menghilangkan minyak dan bau dari santapan santan, jangan hanya membilasnya. Ada baiknya Anda juga memperhatikan sabun yang digunakan. Dikutip dari Huffington Post, pilihlah cairan pembersih peralatan makan dengan kandungan lactic acid yang memberikan manfaat anti bakterial. Mencuci piring pun jadi efisien karena sabun tersebut membersihkan dengan lebih cepat.

Sebelum mencuci peralatan makan, Anda bisa merendamnya dalam air hangat. Hal tersebut dilakukan untuk mengangkat minyak dan santan yang menempel. Jika ada bekas makanan yang menempel, biarkan kotoran itu lepas dengan sendirinya ketika direndam air hangat. Cara ini akan membuat Anda tidak terlalu lelah ketika menggosok piring-piring. Untuk panci-panci yang sangat kotor, rendam semalaman dengan air yang dicampur garam. (eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com