Kamis, 22/06/2017 18:00 WIB

Pria Wajib Tahu, Ini Cara Sederhana Redakan Rasa Sakit Wanita

Kiki Oktaviani - wolipop
Pria Wajib Tahu, Ini Cara Sederhana Redakan Rasa Sakit Wanita Foto: Thinkstock
Jakarta - Pria kadang bingung harus bersikap ketika wanita sedang sakit. Dengan satu cara ini, kamu bisa meredakan sakit si wanita. Genggam tangannya. Inilah saran terbaik bagi pria untuk meredakan rasa sakit wanita.

Hal tersebut terungkap dalam penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Report yang bertajuk Interpersonal Syncronization atau sinkoroniasi hubungan interpersonal. Tim peneliti University of Colorado Boulder melihat apakah proses psikologi tersinkronisasi bisa berefek pada tingkat sakit seseorang.

"Penelitian ini datang dari empat tahun lalu saat istriku melahirkan anak perempuan. Pria tidak tahu apa yang harus mereka lakukan di kamar bersalin, dan aku ingin membantuk istriku. Ketika aku menggenggam tangannya, dia terlihat lebih baik," kata Pavel Goldstein penulis penelitian tersebut, seperti dikutip dari Yahoo.

Penelitian skala kecil tersebut melibatkan 22 pasangan dengan rentan usia 23 hingga 32 yang dibagi dalam tiga grup; mereka yang dudu tanpa bersentuhan, bergandengan dan ditempatkan di berbeda ruangan. Peneliti memberikan rasa sakit lewat panas yang ditempelkan di tangan selama dua menit.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan yang duduk bersama pasangan yang duduk bersama terhubung secara psikologi dan wanita yang berpegangan tangan dengan pasangannya merasa tidak terlalu sakit.

Bagaimana sentuhan fisik bisa dijadikan sebagai pereda rasa sakit? Itu semua karena kekuatan empati yakni kemampuan seseorang yang mengerti perasaan pasangan.

"Berpegangan tangan merupakan bentuk dari empati. Itu seperti bentuk bahwa 'aku hadir dan bersamamu,'" ucap Pavel.

Jadi, ketika wanita merasa sakit karena PMS, demam atau apapun, para pasangan hadirlah di dekat wanita. Tak perlu banyak bertanya, genggam saja tangannya.

(kik/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com