Selasa, 20/06/2017 11:44 WIB

Dua Anak SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUA

Daniel Ngantung - wolipop
Dua Anak SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUA Foto: dok. Amanda Safitri (Facebook)
Jakarta -
Dua siswa SMP asal Baturaja, Sumatera Selatan, tengah menjadi sorotan lantaran menikah di usia 15 tahun. Lantas, sebenarnya bolehkah menikah di usia 15 tahun?

Saksikan video 20detik tentang pasangan SMP usia 15 tahun menikah di sini:



Baca Juga: Pasangan SMP Nikah di Usia 15 Tahun Jadi Viral

Adalah Amanda Safitri dan Muhammad Fitrah Rizky alias Gaston, pasangan kontroversial tersebut. Dalam sebuah unggahan di Facebook-nya, Amanda memamerkan foto keduanya dalam balutan busana pengantin sedang memegang buku nikah.

Dua Siswa SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUADua siswa SMP menikah di usia 15 tahun. Foto: dok. Amanda Safitri (Facebook)


"Tepat tanggal 17 mei 2017 pukul 19:00 sang saksi dan penghulu mengesah kan kami berdua," tulis Amanda yang diketahui lahir 8 Desember 2002 silam.

Baca Juga: Terburu Hasrat Menikah Muda, Rumah Tangga Pun Berujung Cerai

Jika berpijak pada UU Perkawinan UU Pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974, Amanda dan Gaston sebenarnya belum cukup umur untuk menikah. Disebutkan dalam aturan tersebut bahwa mereka yang boleh menikah adalah pria berusia minimal 19 tahun dan wanita berusia 16 tahun.

Lantas bagaimana bisa pasangan muda ini akhirnya dapat menikah secara sah?

Menurut Sutrisno dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kelurahan Kebayoran Lama, menikah di bawah batas usia menurut UU boleh saja dilakukan. "Selama mereka sudah melalui proses perijinan dari pengadilan agama setempat," kata Sutrisno kepada Wolipop, Selasa (20/6/2017).

Jika pengadilan agama sudah memberi lampu hijau, pasangan di bawah umur dapat melangsungkan pernikahan secara sah layaknya pasangan pada umumnya.

Dua Siswa SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUAFoto: dok. Amanda Safitri (Facebook)


Sutrisno mengatakan, kasus seperti ini tampaknya lumrah terjadi di daerah-daerah kecil. "Selama kerja di KUA kota besar, saya belum pernah melihat ada yang menikah di bawah usia. Sepertinya, ada hubungan juga dengan faktor pendidikan," ungkap Sutrisno. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com