Senin, 19/06/2017 03:37 WIB

5 Tips Agar Kulit Cantik dan Sehat Jelang Hari Raya Lebaran

Anggi Mayasari - wolipop
5 Tips Agar Kulit Cantik dan Sehat Jelang Hari Raya Lebaran Foto: iStock
Jakarta - Menjalani puasa Ramadan berarti rutinitas makan dan diet berubah. Pergeseran asupan makanan dan air menjadi lebih rendah akibat puasa yang terjadi selama 30 hari ini menyebabkan kulit kehilangan kelembaban dan elastisitas. Hal tersebut bisa membuat kulit tampak kusam dan lelah.

Namun Ramadan bukan berarti membiarkan kulit Anda juga kelaparan. Untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar bahkan ketika sedang berpuasa, berikut lima tips mudah yang dapat dilakukan menjelang Hari Raya Lebaran:

1. Bersih dari Makeup

Ramadan bisa menjadi salah satu waktu yang tepat bagi Anda untuk sementara berhenti sejenak dari tata rias dan makeup berat di wajah. Ambil bulan suci ini sebagai kesempatan untuk memberi kulit Anda jeda dari bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan pada kosmetik.

2. Minum Air Putih

Minum delapan gelas air putih antara berbuka puasa dan sahur juga dapat membuat kulit Anda lebih bersinar. Air tidak hanya akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi tetapi juga bisa melembabkan kulit. Minum cukup air putih juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Bukan soda dan jus tapi air putih bisa menjadi minuman tepat untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima saat puasa.

3. Perawatan Kulit

Cleanser, eksfoliasi, dan toner bisa menjadi rutinitas perawatan wajah Anda mulai sekarang. Selama Ramadan, pastikan Anda melakukan perawatan kulit tersebut dengan baik. Sinar matahari dan panas memungkinkan pori-pori kulit wajah akan terbuka, sehingga ketiga perawatan kulit tersebut dapat membantu menghindari jerawat sehingga kulit Anda tetap bersih saat Idul Fitri datang.

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat juga dapat membantu memperbaiki kulit. Dari buah-buahan dan sayuran sampai kacang-kacangan serta ikan, dan juga minyak esensial adalah kelompok makanan yang dapat bertindak sebagai penyembuh dan merawat kulit tetap sehat.

5. Yogurt

Tidak hanya membantu dalam pencernaan, yoghurt adalah makanan kaya protein yang memberi nutrisi pada kulit Anda. Dikonsumsi pada saat sahur dan buka puasa atau sebagai masker wajah, Yogurt bisa berperan membuat kulit wajah terlihat sehat dan tak tampak kusam.

(agm/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com