Rabu, 14/06/2017 18:22 WIB

Viral Mahasiswi Hujat Ibu Hamil di KRL, Ini Kata Psikolog

Daniel Ngantung - wolipop
Viral Mahasiswi Hujat Ibu Hamil di KRL, Ini Kata Psikolog Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Shafira Nabila Cahyaningtyas tengah jadi bulan-bulanan netizen di media sosial lantaran menghujat ibu hamil yang 'merebut' bangkunya di KRL. Bukan karena kurang empati, ada hal lain yang diduga memicu Shafira berperilaku demikian.

Banyak netizen yang menuduh Shafira kurang memiliki rasa empati pada ibu hamil. Namun psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani tidak melihat minim rasa empati sebagai masalah utamanya.

Psikolog angkat bicara tentang mahasiswi yang hujat ibu hamil di KRL.Curhatan Shafira yang jadi viral. (Foto: Facebook)


Dalam curhatannya di Facebook yang sempat jadi viral itu, Shafira mengatakan ia lebih sudi memberikan kursinya untuk kaum lanjut usia dan disabilitas ketimbang ibu hamil. Menurut Nina, begitu sapaan akrabnya, itu menunjukkan bahwa Shafira yang diketahui sebagai seorang mahasiswi itu masih memiliki rasa empati.

Baca Juga: 5 Jenis Baju yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

"Mungkin saja, ia benar-benar tidak tahu seperti apa susahnya menjadi wanita yang sedang hamil," kata Nina kepada Wolipop di ujung telepon, Rabu (14/6/2017).

Hal tersebut, lanjut Nina, bisa saja terjadi karena banyak iklan menampilkan ibu hamil selalu dalam kondisi sehat, kuat, dan bahagia sehingga menimbulkan misleading atau persepsi yang salah pada masyarakat. "Padahal ibu hamil tak melulu sebahagia itu karena mereka gampang lelah dan stres," ungkap Nina.

Untuk menghindari persepsi yang salah, masyarakat perlu mendapat informasi sebenarnya tentang beban yang dirasakan ibu hamil.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Stylish Saat Hamil

Nina juga mengatakan, netizen sebaiknya berpikir dua kali sebelum mengkritik atau memojokkan Shafira di media sosial. "Bisa jadi dia memang sedang sakit atau kondisi fisiknya lemah sehingga tidak kuat berdiri lama-lama. Kita kan tidak tahu," tambah Nina.

Viral Mahasiswi Hujat Ibu Hamil di KRL, Ini Kata PsikologFoto: Thinkstock


Sebelumnya, Shafira curhat sekaligus mencibir ibu hamil yang mendapat kursi prioritas di Commuterline. Saat sedang tidur, ia tiba-tiba dibangunkan satpam untuk memberikan kursi kepada ibu hamil.

"Sampai Stasiun Citayam gue dibangunin dong sama pak satpam dan disuruh berdiri dan ngasih tempat duduk gue ke ibu-ibu hamil. Can you imagine? Gue baru bangun dan tiba-tiba disuruh berdiri di antara orang-orang yang banyak banget. Berdesak-desakan banget sampai nggak bisa berdiri tegak. Jujur jadi pusing," tulis Shafira di Facebook.

Postingan Shafira itu lantas mendapat komentar negatif dan pedas dari netizen lainnya.

"Hadeh, ibu hamil itu capek ya, bawa beban berat di perutnya, klo berdiri terus, darah numpuk di kaki, hasilnya bengkak dan itu sakit," komen YanNie Handa Camui di Facebook.

Sementara itu Risa Eka menulis, "Semoga mba nya ntar hamil kembar 5..aamiin."

Shafira pun akhirnya meminta maaf atas perbuatannya tersebut. "Dengan kerendahan hati, saya memohon maat yang setulus-tulusnya. Saya menyadari yang telah saya lakukan adalah suatu hal yang kurang pantas untuk diumbar ke publik," tulis Shafira di Facebook. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com