Selasa, 13/06/2017 07:45 WIB

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Rista Adityaputry - wolipop
Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Foto: iStock
Jakarta - Berbagai cara menurunkan berat badan mungkin telah dicoba. Seringkali, baru seminggu dua minggu mencoba diet atau olahraga, setelah itu niat diet pun kendor lagi. Tak perlu repot, Anda bisa menurunkan bera badan dengan cara yang lebih mudah.

Sebenarnya, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah melakukannya secara perlahan sehingga bisa menghasilkan efek yang lebih lama. Perubahan pola makan dan gaya hidup sehat bisa memberikan efek yang baik untuk berat badan Anda. Berikut adalah cara menurunkan berat badan tanpa diet.

1. Rajin Sarapan
Cara menurunkan berat badan adalah tetap dengan sarapan. Sarapan sering dijadikan sebagai hal pokok ketika seseorang akan menjalani kesibukan sehari-hari. Melewatkan sarapan untuk menurunkan berat badan tanpa diet adalah kesalahan yang fatal karena ini sebenarnya membuat Anda kelaparan dan malah makan lebih banyak di siang hari. Lagipula, tanpa sarapan seseorang biasanya lebih lemas dan tidak bersemangat untuk menjalani hari, bahkan bisa sampai merusak mood. Sudah banyak yang membuktikan bahwa seseorang yang rajin sarapan merasa lebih mudah menurunkan berat badan dan performanya lebih baik dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

2. Tutup Dapur Saat Malam
Siapa sangka hal sepele seperti membereskan dapur saat malam tiba akan berpengaruh pada usaha Anda menurunkan berat badan? Rupanya, dengan memiliki kebiasaan ini, Anda juga akan membangun kebiasaan berhenti makan di jam malam tertentu. Jadi, Anda tidak akan mudah ngemil di malam hari atau ngemil saat nonton televisi. Jika setelah makan malam Anda ingin makan camilan manis? Tak masalah. Pilih camilan yang tidak membuat Anda terlalu kenyang, seperti teh hangat, sebungkus permen, semangkuk es krim atau frozen yogurt. Namun, pastikan setelah itu Anda langsung menyikat gigi supaya keinginan untuk makan bisa lebih ditahan.

3. Bijak Saat Pilih Minuman Ringan
Minuman ringan memang tidak baik karena bisa menambah kalori tanp menghilangkan rasa lapar dan dahaga Anda. Ketika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa harus menghindari minuman berperisa, pilih sparkling water dengan tambahan perasan lemon, susu skim atau rendah lemak, dan jus buah yang dibuat sendiri. Apa Anda mudah lapar di jam-jam sebelum makan utama? Anda bisa membuat jus sayuran dan buah yang bisa menghilangkan rasa lapar Anda untuk sesaat. Kalau Anda biasa minum minuman beralkohol setelah makan, biasakan diri untuk menghindarinya saat weekend karena ini bisa memberikan pengaruh besar pada jumlah asupan kalori Anda.

4. Makan Banyak Sayuran dan Buah
Ingin menurunkan berat badan bukan berarti Anda tidak nyemil sama sekali. Anda bisa mengganti cemilan sehat dengan banyak makan buah atau sayur. Simpan beberapa buah di meja makan, kulkas, atau dapur dan buat sejumlah porsi setiap Anda akan makan pagi, siang, dan malam. Anda tetap bisa menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi makanan sehari-hari. Dengan melakukan ini, pola makan Anda akan kaya oleh vitamin, mineral, fitonutrisi, dan serat. Porsi Anda untuk mengemil atau makan makanan berlemak tentu akan lebih mudah berkurang.

5. Pilih Gandum Utuh
Dibandingkan dengan karbohidrat olahan, gandum utuh bisa memberikan rasa kenyang lebih lama namun tetap kaya akan serat untuk diet Anda. Selain kebutuhan serat yang terpenuhi, gandum utuh bisa mengisi perut Anda lebih cepat sehingga membuat Anda mudah mengatur porsi makan. Pilih roti gandum utuh, pasta, nasi coklat, kraker gandum hitam, dan lain-lain.

6. Kontrol Suasana
Selain menyuplai dapur dan meja makan dengan berbagai makanan sehat, Anda juga bisa mengontrol diri dengan memilih restoran yang baik ketika ingin makan di luar. Hindari restoran junk food atau yang memiliki menu-menu instan dengan lemak tinggi. Ketika Anda diundang teman ke pesta atau sebuah resto pilihan mereka, tentu Anda tak ingin itu merusak diet Anda atau sebaliknya, Anda juga tidak bisa menolak karena tidak ingin merusak pertemanan. Saat seperti ini Anda sebenarnya tetap bisa menurunkan berat badan tanpa diet berlebihan di pesta. Isi perut terlebih dahulu dengan camilan sehat di rumah dan mulai pesta dengan segelas besar air mineral. Anda juga bisa pilih makanan buffet lebih selektif dengan porsi yang tidak berlebihan.

7. Kurangi Porsi
Jika Anda tidak ingin melakukan usaha apapun namun tetap bisa menurunkan berat badan tanpa berdiet, Anda bisa melakukannya dengan mengurangi porsi makan sebanyak 10% hingga 20% dari biasanya. Ini lebih mudah dilakukan dengan gelas pengukur untuk mengontrol porsi makan Anda. Anda juga bisa secara instan menggunakan mangkok atau piring yang lebih kecil dibandingkan peralatan makan biasanya. Tindakan tersebut bisa memberikan efek makanan yang berlimpah sehingga Anda tidak merasa kekurangan.

8. Berjalan Lebih Banyak
Olahraga mungkin terdengar memberatkan pola diet Anda. Apalagi kalau Anda termasuk orang yang sibuk setiap harinya. Opsi ini bisa membuat Anda secara tidak langsung berolahraga. Ketika ingin pergi ke minimarket, ke kantor, saat menerima telepon, atau di sela-sela iklan saat menonton televisi. Lakukan secara bertahap untuk mencapai target 10 ribu langkah tiap hari. Anda bisa gunakan pedometer atau alat penghitung langkah agar hitungan Anda lebih akurat.

9. Protein dalam Menu Makan
Baik saat sesi camilan atau makan, pastikan protein ada dalam menu Anda. Ketika waktu camilan tiba, sumber protein baik yang bisa Anda coba adalah yogurt rendah lemak, seporsi kecil kacang-kacangan, atau selai kacang. Saat waktu makan tiba, opsi protein seperti ikan, telur, atau dada ayam lebih baik jika dibandingkan dengan daging merah. Selain membuat Anda kenyang lebih lama, ini juga membuat Anda untuk menghindari makan berlebihan. Para ahli juga sudah banyak yang menyarankan kalau makan lebih sering dengan porsi sedikit lebih menguntungkan daripada makan berlebihan.

10. Pilih Alternatif Ringan
Ketika ada pilihan yang lebih baik, Anda bisa memilih makanan atau minuman dengan kalori atau kadar lemak dan gula yang lebih rendah. Misalnya, menggunakan salad dressing yang lebih sehat dibandingkan mayonaise atau produk susu lainnya. Saus salsa atau hummus bisa juga digunakan sebagai pengganti saus tomat atau sambal yang mengandung pengawet.

(kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com