Jumat, 09/06/2017 03:45 WIB

Ini Ciri-ciri Calon Kaya Menurut Seorang Pemenang Nobel

Rahmi Anjani - wolipop
Ini Ciri-ciri Calon Kaya Menurut Seorang Pemenang Nobel Ilustrasi jadi orang kaya. Foto: Thinkstock
Jakarta - Siapa yang tidak ingin jadi orang kaya? Punya banyak uang tentu membuat kehidupan jadi lebih nyaman meski tidak menjamin kebahagiaan. Jika saat ini Anda belum merasa kaya bukan berarti itu tidak bisa dicapai di masa depan. Anda pun bisa melihat tanda-tandanya mulai dari sekarang. Menurut pemenang Nobel dan ahli ekonomi James Heckman, ciri-ciri orang kaya pun bukan hanya pintar.

Sebagian orang menganggap jika pintar atau punya IQ tinggi berhubungan dengan kesuksesan. Hal itu memang tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Menurut James, hanya satu atau dua persen saja pengaruh nilai IQ terhadap pendapatan seseorang. Lalu seperti apa ciri-ciri calon orang kaya itu?

Menurutnya, kepribadianlah yang lebih menentukan dari pada kepintaran. Ada lima personality utama yang bisa menjadi ciri-ciri calon orang kaya, yakni ketekunan, teliti, rajin, memperhatikan detail, dan disiplin diri. James mengatakan jika kelimanya berkaitan erat dengan kesuksesan finansial menurut penelitian untuk paper yang ditulisnya.

Ketika itu, James dan koleganya menganalisa kesuksesan orang-orang berdasarkan empat hal yakni, nilai IQ, hasil tes standarisasi, peringkat (sekolah), dan penilaian kepribadian. Penelitian itu dilakukan kepada ratusan orang di Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda. Riset itu juga mempertimbangkan pendapatan, catatan kriminal, indeks massa tubuh, hingga kepuasan hidup para responden.

Hasilnya, peringkat sekolah dan hasil tes standarisasilah yang paling bisa dijadikan indikator kesuksesan finansial dan profesional dari pada nilai IQ. Artinya Anda tidak perlu sangat pintar untuk jadi calon orang kaya namun memang dibutuhkan kecerdasan.

"Peringkat sekolah merefleksikan bahwa bukan hanya intelegensi tapi juga apa yang disebut Heckman sebagai 'kemampuan non-kognitif', misalnya ketekunan, kebiasaan belajar yang baik, dan kemampuan untuk berkolaborasi, dengan kata lain ketelitian," ungkap penulis Faye Flam kepada Bloomberg.

Dengan kata lain, prestasi baik di sekolah memang bisa membawa Anda pada kesuksesan. Namun jika hanya mengandalkan nilai IQ tinggi saja, itu belum cukup untuk membawa pada kemakumuran. Mereka yang punya ciri-ciri calon orang kaya dikatakan punya kebiasaan belajar yang baik dan berkomitmen pada pekerjaan sehingga nantinya punya kesempatan cepat naik jabatan (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com