Kamis, 08/06/2017 03:23 WIB

Saat Buka Puasa Nanti, Konsumsi Makanan Ini Agar Kembali Berenergi

Rista Adityaputry - wolipop
Saat Buka Puasa Nanti, Konsumsi Makanan Ini Agar Kembali Berenergi Foto: iStock
Jakarta - Ketika menjalani puasa Ramadan, pola makan seseorang berubah cukup drastis, yaitu hanya makan setelah matahari terbenam (berbuka puasa) dan sebelum matahari terbit (sahur). Dan ketika waktu makan diperbolehkan atau berbuka puasa, tidak sedikit orang merasa cukup sulit untuk menemukan menu yang tepat. Rasa lapar yang ditahan selama berpuasa bahkan kadang bisa membuat seseorang mengonsumsi makanan sembarangan asal rasa lapar bisa hilang.

Sebenarnya, keseimbangan pola makan dan kontrol diri ketika berbuka puasa perlu diterapkan supaya kebutuhan nutrisi selama berpuasa terpenuhi. Tubuh menjadi lebih sehat, tidak lemas, namun juga tidak terlalu kenyang sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

Lalu, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa? Berikut empat makanan dan minuman esensial yang bisa dimakan sebagai menu berbuka.

1. Buah Kaya Potasium

Ketika berpuasa, tubuh memang lebih lemas dari biasanya. Untuk itu, seseorang dianjurkan untuk memakan makanan manis ketika berbuka puasa. Namun, perlu diperhatikan sebaiknya rasa manis itu didapat dari buah, seperti kurma. Selain pisang, kurma rupanya juga mengandung potasium yang mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Selain itu, kandungan potasium dan nutrisi lainnya dalam kurma menghindari tubuh dari serangan dehidrasi, meningkatkan respon dan rangsangan pada saraf dan otot, hingga meredakan stres dan gelisah.

2. Asupan Cairan

Bukan sembarang cairan, air mineral atau buah kaya air perlu dikonsumsi ketika berbuka untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Untuk menghindari dehidrasi ketika berpuasa di siang hari, aturlah waktu yang tepat untuk minum air mineral sepanjang waktu berbuka hingga sahur. Hindari minuman instan, berkarbonasi, dan yang mengandung gula tambahan agar terhindar dari risiko kenaikan berat badan saat berpuasa atau timbulnya berbagai penyakit, seperti diabetes. Air kelapa hijau murni juga bisa menjadi alternatif minuman yang menyegarkan saat berbuka. Selain bisa menambah energi, air kelapa juga mampu menjaga sistem metabolisme tubuh dan menetralisir racun dalam tubuh.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mentah rupanya mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Almond, pistachio, dan kacang garbanzo atau yang dikenal dengan kacang Arab kerap direkomendasikan untuk dimakan mentah supaya kandungan nutrisinya bisa didapatkan secara maksimal. Kandungan lemak sehatnya mampu menjaga kesehatan jantung dan membuat seseorang tidak kelabakan saat berbuka puasa.

4. Sayuran

Timun, selada, bayam, tomat, dan berbagai sayuran dengan kandungan serat dan air yang tinggi mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa. Tidak hanya menyegarkan tubuh, sayur-sayuran ini mampu membuat sistem pencernaan lebih lancar sehingga tidak mudah terkena sembelit. Selain itu, sayuran juga mampu menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadan di mana kulit cenderung lebih kering dari biasanya.


(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com