Selasa, 06/06/2017 03:23 WIB

Minum Air Lemon untuk Buka Puasa, Amankah?

Rista Adityaputry - wolipop
Minum Air Lemon untuk Buka Puasa, Amankah? Foto: iStock
Jakarta - Air hangat dengan perasan lemon selalu menjadi rekomendasi untuk menyehatkan tubuh. Air lemon dikatakan baik untuk pencernaan dan mempermudah Anda untuk mengontrol berat badan. Kebiasan minum air lemon tiap pagi mungkin kerap dilakukan sebagian orang untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut.

Namun di saat puasa Ramadan ini, kebiasaan tersebut bisa jadi jarang dilakukan, mengingat pola makan saat berpuasa yang benar-benar berubah. Ketakutan akan risiko asam lambung mungkin bisa mencegah seseorang mengonsumsi air lemon saat berbuka puasa. Padahal, kebaikan air lemon bisa didapat lebih banyak di bulan puasa, ketika seseorang bisa lebih mengontrol pola makan mereka menjadi lebih teratur.

Berpuasa selama kurang lebih 13 jam membuat perut seseorang kosong dalam waktu yang lama. Energi yang didapat ketika sahur belum tentu bisa mencukupi aktivitas seseorang selama seharian penuh sehingga konsumsi menu makanan dan minuman perlu diperhatikan lebih ketika sahur. Saat berbuka puasa pun aktivitas makan tidak boleh dilakukan dengan membabi buta hanya karena perut tidak terisi selama belasan jam. Nah, di sini peranan air lemon cukup penting untuk membantu mencegah kembung dan meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, benarkah air lemon bisa dikonsumsi saat berbuka puasa?
Minum Air Lemon untuk Buka Puasa, Amankah?Foto: iStock

Waktu terbaik untuk meminum lemon saat berbuka puasa adalah tepat sebelum makan besar. Isi perut terlebih dahulu dengan meminum air putih dan sumber gula alami, seperti kurma. Menurut Tara Coleman, ahli gizi klinis dari San Diego, komposisi yang dimiliki air lemon bisa dibandingkan dengan sari dalam pencernaan di perut.

"Selain itu, begitu juga dengan air liur dan empedu sehingga justru bisa membantu meredakan gejala gangguan pencernaan, seperti kembung dan bersendawa," ucap Tara, sesuai dengan yang dikutip dari situs Women's Health.

Pilih air hangat untuk merendam lemon, namun Anda perlu menunggunya sampai dingin dan meminumnya dengan sedotan. Ini bisa mencegah Anda terkena dampak buruk dari air lemon.

"Air lemon bisa meningkatkan pengikisan enamel gigi Anda. Dengan menunggu air lemon hangat menjadi sedikit dingin dan meminumnya menggunakan sedotan, ini bisa membantu cairan melewati gigi," ungkap dokter gigi Matthew Messina, DDS, seperti yang dikutip dari Yahoo Health.
Minum Air Lemon untuk Buka Puasa, Amankah?Foto: iStock

Waktu lain yang bisa menjadi waktu tepat untuk meminum air lemon adalah 30 hingga 60 menit sebelum sikat gigi. Selesai berbuka puasa, air lemon hangat yang mengandung antioksidan dan serat pektin bisa menahan nafsu makan berlebihan, melancarkan pencernaan, serta bisa membuang toksin dalam tubuh.

Bagi Anda yang memiliki asam lambung tinggi atau penyakit maag, mungkin lemon menjadi buah yang sangat Anda hindari. Jika Anda tetap tidak ingin ketinggalan untuk mendapatkan manfaat baik lemon, Anda bisa mengonsumsi air lemon berbarengan dengan menu makanan lain, yaitu dengan menambahkan sedikit air perasan lemon pada makanan.

"Banyak orang dengan masalah pencernaan tidak menghasilkan asam klorida yang cukup untuk mencerna dengan baik semua makanan yang masuk ke dalam tubuh, terutama protein hewani, susu, gluten, dan karbohidrat kompleks," pungkas Tara. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com