Sabtu, 20/05/2017 14:34 WIB

Menteri Israel Pakai Gaun Bergambar Jerusalem di Cannes Jadi Kontroversi

Hestianingsih - wolipop
Menteri Israel Pakai Gaun Bergambar Jerusalem di Cannes Jadi Kontroversi Foto: Dok. Twitter
Jakarta - Fashion bisa dijadikan alat sebagai media pernyataan politik. Tidak sedikit desainer yang menyuarakan pernyataan politiknya lewat rancangan mulai dari Tommy Hilfiger, Diane Von Furstenberg hingga Prabal Gurung.

Saksikan video 20detik tentang Gaun Menteri Israel di sini:



Menggabungkan fashion dan politik bagaikan dua sisi mata uang. Bisa dianggap sebagai kreativitas gaya baru tapi bisa pula sebaliknya, dihujani kritikan oleh pihak yang berseberangan dengan ideologi tertentu.

Menteri Budaya dan Olahraga Israel Miri Regev sepertinya berada dalam persimpangan itu. Miri Regev menjadi kontroversi setelah mengenakan gaun berunsur politis di Festival Film Cannes 2017 di Cannes, Prancis, Jumat (19/5/2017).

Miri Regev tampil di red carpet Cannes dengan ballgown berwarna perpaduan emas dan ivory rancangan Aviad Arik Herman. Gaun dengan siluet bervolume itu sebenarnya tidak memiliki garis rancang yang aneh atau luar biasa.

Namun di sepanjang bagian hem bawah terdapat lukisan yang menampilkan pemandangan Jerusalem. Seperti dikutip dari allure, gaun tersebut dibuat untuk memperingati pembebasan dan penyatuan kembali kota kuno yang sarat konflik itu.
Menteri Israel Pakai Gaun Bergambar Jerusalem di Cannes Jadi KontroversiKiri: Foto asli gaun. Kanan: Foto editan di Twitter

"Saya bangga bisa merayakan hari bersejarah ini lewat seni dan fashion, dan saya senang hasil karya desainer Israel Aviad Herman ini sangat menyentuh dan dipersembahkan untuk menampilkan keindahan ibu kota kami Jerusalem," ujar Miri Regev dalam pernyataan tertulisnya.

Sejumlah orang mempermasalahkan pernyataan Miri Regev tentang gaunnya. Israel mengklaim Jerusalem kini berada dalam kedaulatan penuh negaranya. Namun bagian Timur dari kota tersebut diketahui masih menjadi sengketa antara Israel dan Palestina. Bahkan UNESCO mengritik klaim Israel terhadap Jerusalem dan menyatakan kedaulatan tersebut 'batal dalam hukum'.

Di Twitter, netizen menilai pernyataan politik Miri Regev tidak pada tempatnya. Beberapa netizen melihat lukisan pada gaun Miri Regev sebagai bentuk kiasan untuk memperingati peristiwa Perang Enam Hari pada 1966, yang berakhir dengan pendudukan Kota Tua Jerusalem.
Menteri Israel Pakai Gaun Bergambar Jerusalem di Cannes Jadi KontroversiFoto: Dok. Twitter
Menteri Israel Pakai Gaun Bergambar Jerusalem di Cannes Jadi KontroversiFoto: Dok. Twitter

Bahkan ada netizen yang mengedit lukisan Jerusalem di gaun Miri Regev dengan pemandangan perang. Ada pula yang membuat lukisan ilustrasi Miri Regev berwajah tengkorak, memakai gaun dengan simbol negara Israel dengan gambar pesawat tempur yang menjatuhkan bom di jalur Gaza. Digambarkan juga seorang ibu berkerudung yang berlari sambil membawa bayinya. (hst/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177