Jumat, 19/05/2017 16:45 WIB

Kisah Haru Ayah yang Berkostum Pikachu Demi Biaya Pengobatan Putrinya

Anggi Mayasari - wolipop
Kisah Haru Ayah yang Berkostum Pikachu Demi Biaya Pengobatan Putrinya Foto: Dok. NetEase
Jakarta - Setiap orangtua tentu ingin buah hatinya bahagia dan sehat. Apapun akan dilakukan orangtua demi anaknya, bahkan mereka rela mengorbankan kebahagiaan dan kesehatan sendiri, yang terpenting anaknya dapat hidup aman dan bahagia. Seperti yang dilakukan oleh seorang ayah asal China ini. Liu Yuehu rela memakai kostum salah satu karakter kartun Pokemon yaitu Pikachu untuk mengumpulkan biaya pengobatan anaknya.

Pria berusia 24 tahun ini adalah seorang ayah muda yang memiliki anak perempuan berusia satu tahun. Untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, pada mulanya ia bekerja sebagai pekerja konstruksi. Namun ternyata buah hatinya yang bernama Yu Yan baru-baru ini didiagnosis menderita leukimia limfositik akut, yakni penyakit sejenis kanker darah dan sumsum tulang. Dokterpun mengatakan masih ada kemungkinan 70 persen untuk Yu Yan bertahan dan sembuh, namun membutuhkan biaya pengobatan yang sangat banyak.
Kisah Haru Ayah yang Berkostum Pikachu Demi Biaya Pengobatan PutrinyaFoto: Dok. NetEase

Liu Yeuhu pun segera berhenti dari pekerjaannya sebagai pekerja bangunan itu karena upahnya hanya akan dibayar pada akhir tahun, sedangkan ia sangat membutuhkan uang itu sekarang untuk biaya pengobatan putrinya. Bersama istrinya yang tinggal di rumah sakit untuk menjaga Yu Yan, Liu tahu betul ia harus menemukan cara untuk mengumpulkan sejumlah uang.

Liu telah menghabiskan 160 ribu yuan atau setara dengan Rp 310 juta untuk perawatan medis putrinya itu. Tabungan merekapun sudah habis dan telah berhutang banyak dengan teman dan keluarga. Sedangkan setiap harinya tagihan medis Yu Yan mencapai sekitar 3 ribu yuan atau Rp 5,8 juta. Hal itu membuat Liu memutuskan untuk menggalang dana dengan mengenakan kostum Pikachu sejak April kemarin.
Kisah Haru Ayah yang Berkostum Pikachu Demi Biaya Pengobatan PutrinyaFoto: Dok. NetEase

Setiap harinya, ayah muda ini pergi ke stasiun di Chengdu dengan kostumnya. Liu menjual foto bersama ketika dirinya mengenakan kostum Pikachu lengkap dengan sebuah tanda di perutnya yang menuliskan bahwa dirinya sedang mengumpulkan uang bagi anak perempuannya yang sakit serta beberapa surat medis untuk mendukung ceritanya.
Kisah Haru Ayah yang Berkostum Pikachu Demi Biaya Pengobatan PutrinyaFoto: Dok. NetEase

Terkadang, anak-anak kecil tersenyum dan berlari mendekati Liu. Mereka meminta Liu untuk berfoto namun sebagai gantinya ia tidak menuntut uang dari orang tua mereka.

"Aku tidak meminta sejumlah uang tertentu dari orang-orang. Apapun yang ingin mereka berikan, mereka bisa memberikannya untukku," kata Liu dilansir Shanghaiist
Kisah Haru Ayah yang Berkostum Pikachu Demi Biaya Pengobatan PutrinyaFoto: Dok. NetEase

Untuk makan siang, Liu hanya membeli satu potong roti kecil dan sebotol air mineral. Ketika istirahat makan siang itu, Liu mengaku terkadang ia melihat kembali masa mudanya yang sedikit nakal, dan tak percaya berapa banyak hal yang telah berubah. Di usianya yang baru 24 tahun ini, Liu sekarang menjadi seorang ayah yang berjuang mati-matian untuk menyelamatkan nyawa putrinya.

Liu juga mengungkapkan bahwa sejauh ini dirinya telah berhasil mengumpulkan Rp 25 juta berkat orang-orang baik hati di Chengdu. Namun tak cukup sampai di situ, ia mengaku masih memiliki jalan yang panjang hingga putrinya benar-benar sembuh dari penyakit. (agm/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177