Jumat, 19/05/2017 10:41 WIB

Perlukah Mencuci Sisir Secara Teratur?

Rista Adityaputry - wolipop
Perlukah Mencuci Sisir Secara Teratur? Foto: Thinkstock
Jakarta - Sisir sebenarnya benda esensial yang setiap hari dipakai namun juga kerap terlupakan untuk dirawat dan dibersihkan. Tidak hanya agar lebih awet, sisir yang bersih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Kapan terakhir kali Anda membersihkan sisir Anda?

Ada yang saking malasnya membersihkan sisir, kotoran dan rambut yang ada hanya dibersihkan menggunakan tisu saja. Kalau yang sedikit rajin, mungkin lebih memilih untuk membersihkannya dengan tisu basah. Sayangnya, cara seperti itu tidak efektif. Perlukah sebenarnya mencuci sisir secara teratur?

Jolie Kerr, columnist dalam situs Ask a Clean Person, berbagi alasan mengapa seseorang perlu membersihkan sisirnya dengan sungguh-sungguh. Ketika menyisir rambut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dari sisir, yaitu rambut yang rontok dan gumpalan kotoran yang mengumpul di sudut-sudut sisir.

Bukan sekadar kotoran, sebenarnya itu adalah sel-sel kulit mati yang berasal dari kulit kepala atau terjebak di antara helaian rambut Anda. Selain sel kulit mati, kotoran itu bisa saja berasal dari produk rambut yang tidak tercuci bersih, entah dari sampo, krim rambut, dry sampoo, hair spray, dan lain-lain. Minyak yang terbentuk secara alami oleh rambut atau debu dari lingkungan sekitar juga bisa menjadi penyebab adanya kotoran itu.

Dilansir oleh Esquire, alasan terbesar mengapa Anda harus mencuci rambut dengan baik tentu saja karena Anda tidak ingin adanya bakteri atau kotoran tertinggal di sisir yang akan Anda pakai sehari-hari, terlebih jika rambut Anda berketombe. Kotoran yang ada terbentuk dua kali lipat lebih banyak daripada rambut normal.

Alasan lain mengapa Anda perlu mencuci rambut adalah karena sangat mudah dilakukan. Pertama, Anda perlu membuang seluruh rambut yang ada dalam sisir. Untuk sisir bergerigi jarang, ini sangat mudah dilakukan. Namun, untuk sisir khusus atau yang bergigi rapat, cukup Anda gunting saja rambut yang kusut dan mengumpul di sisir tersebut.

Kedua, Anda bisa langsung menyikatnya dengan sikat gigi bayi yang sudah diberi sampo. Sikat gigi bayi yang kecil dan berbulu lembut memudahkan Anda untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa.

Untuk sisir khusus atau bergerigi lebih rapat, Anda butuh kesabaran lebih ekstra. Rendam sisir dalam baskom atau mangkok yang telah diisi air hangat dan sampo selama 5-10 menit. Setelahnya, putar sisir beberapa kali dalam rendaman dan bilas di bawah aliran air hangat. Keringkan sisir dengan megarah ke bawah agar tidak ada air yang mengumpul di dalam sisir.

Cukup mudah, bukan? Tidak perlu membeli yang baru, selama Anda rutin membersihkannya sebulan sekali atau lebih sering dari itu, Anda bisa terus memakai sisir kesayangan Anda.

(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com