Kamis, 18/05/2017 15:05 WIB

Intimate Interview

Nadia Saib, Pendiri Brand Wangsa Jelita yang Sukses Mulai Bisnis dari Rumah

Rahmi Anjani - wolipop
Nadia Saib, Pendiri Brand Wangsa Jelita yang Sukses Mulai Bisnis dari Rumah Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta - Brand kosmetik lokal kini semakin menjamur saja. Bukan hanya menjual lipstik, cukup banyak pula yang menawarkan produk perawatan tubuh serta wajah. Salah satunya adalah Wangsa Jelita yang menghadirkan produk-produk berbahan natural. Tak hanya alami, merek yang awalnya memproduksi barang di rumah itu pun punya misi mulia untuk memberdayakan wanita dan komunitas sekitar.

Nadia Saib adalah wanita di balik Wangsa Jelita yang menjadi Co Founder sekaligus Co-CEO. Nadia membangun brand kosmetik ini karena ingin punya bisnis kecantikan sejak SMA. Setelah lulus kuliah, ia pun kemudian mengajak dua temannya untuk bergabung dalam mendirikan lini yang sebelumnya diberi nama Sapo.

Wanita lulusan ITB jurusan Farmasi tersebut pun terinspirasi membuat produk kecantikan berbasis bahan natural karena melihat realita di pasaran. Nadia berkeinginan untuk mengedukasi masyarakat mengenai produk berbahan natural yang sebenarnya.

Nadia Saib, Pendiri Brand Wangsa Jelita yang Sukses Mulai Bisnis dari RumahFoto: Instagram Wangsa Jelita
"Aku ketemu dengan sabun yang katanya natural dan berbahan apel. Tapi setelah dicek, nggak ada kandungan apelnya. Nah, ternyata penggunaan kata 'natural' itu nggak ada aturannya. Akhirnya, produk pertama yang kami bikin adalah sabun apel natural tapi benar-benar ada kandungan apelnya," kata Nadia saat berbicara di konferensi Womenwill 2017 di Ballroom Thamrin Nine, Jakarta Pusat, Rabu, (17/5/2017).

Nadia bersama dua temannya yang tak punya latar belakang bisnis pun mulai mengusung konsep social enterprise saat membuat produk pertama Wangsa Jelita di 2010. Ketika itu, mereka bekerja sama dengan petani mawar untuk membeli mawar-mawar kelas C yang harganya rendah saat dijual di tengkulak. Sejak saat itu, Wangsa Jelita mengusung konsep natural dan bisnis sosial agar memberikan manfaat bagi banyak orang.

Nadia Saib, Pendiri Brand Wangsa Jelita yang Sukses Mulai Bisnis dari RumahFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
"Awalnya Wangsa Jelita bermodalkan Rp 500 ribu setiap orang, ikut berbagai kompetisi business plan, pinjam laboraturium di Bandung. Sekarang kami sudah bekerjasama dengan lima komunitas lainnya, termasuk kelompok pengrajin di Bandung untuk mendesain packaging-nya," ungkap Nadia yang mengusung kunyit, green tea, almond, kelapa, zaitun, mawar hingga kopi sebagai bahan utama bahan.

Niat baik Wangsa Jelita bukan di situ saja. Brand yang produknya juga dipakai untuk Go-Massage itu pun bekerja sama dengan Green Initiative Foundation untuk menyisihkan hasil penjualan demi mendukung komunitas di kampung Sarongge, Jawa Barat. Mulai awal tahun ini, Nadia pun kerap berbagi mengenai pengelaman bisnisnya pada para wanita muda.

"Awal tahun ini aku baru mulai bikin kelas empowerment. Mengedukasi perempuan dalam hal soft skill, termasuk cara berkomunikasi, percaya diri. Kamu juga pernah membuat kelas bisnis untuk customer Wangsa Jelita yang punya usaha," tambahnya.

Nadia Saib, Pendiri Brand Wangsa Jelita yang Sukses Mulai Bisnis dari RumahFoto: Instagram Wangsa Jelita
Meski menolak untuk menyebutkan angka omzet, Nadia pun mengakui jika saat ini Wangsa Jelita sudah sangat berkembang. Kini Wangsa Jelita yang menawarkan sabun, minyak, body scrub, pelembap, hingga lotion anti nyamuk itu pun memproduksi puluhan kilogram produk. Dari awalnya meracik sendiri bahan, sekarang Wangsa Jelita sudah membuat produk di pabrik.

"Wangsa Jelita ingin jadi opsi dan sarana edukasi bagi masyarakat. Fokus Wangsa Jelita untuk menjadi lebih baik dari tahun lalu dan merangkul orang lebih banyak lagi," tutur wanita 30 tahun itu.
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com