Rabu, 17/05/2017 15:37 WIB

Ladies, Ini Tantangan Wanita Indonesia Saat Berbisnis & Cara Mengatasinya

Rahmi Anjani - wolipop
Ladies, Ini Tantangan Wanita Indonesia Saat Berbisnis & Cara Mengatasinya Foto: Thinkstock
Jakarta -
Berwirausaha menjadi cara paling cepat untuk mensejahterakan diri sendiri dan orang-orang sekitar. Sayangnya, bisnis tidak selalu mudah dijalankan, apalagi untuk para wanita yang diketahui punya berbagai tantangan dalam bekerja.

Wanita yang sudah berkeluarga dan memiliki anak pun kerap menemui lebih banyak hambatan baik secara internal maupun eksternal ketika ingin mengembangkan usaha. Apa saja tantangan wanita dalam membangun bisnis dan bagaimana cara menghadapinya?

Dalam Konferensi WomenWill yang pertamakali diadakan di Indonesia, Rabu, (17/5/2017), dikatakan jika wanita sebenarnya menganggap berwirausaha adalah hal yang inspirasional. Mereka pun sudah banyak yang menjadi wirausahawan namun masih dalam skala yang lebih kecil dibanding pria. Sejumlah tantangan menjadi penyebabnya, yang paling umum adalah masalah menyeimbangkan karier dan keluarga.

Ladies, Ini Tantangan Wanita Indonesia Saat Berbisnis & Cara MengatasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
"Di Indonesia, alasan wanita berwirausaha adalah ketika mereka menikah dan punya anak kemudian nggak bisa bekerja karena ingin mengutamakan keluarga lalu memilih berbisnis untuk aktualisasi diri, ada juga yang karena passion," kata Veronica Utami selaku Head of Marketing Google Indonesia di Thamrin Nine Ballroom, Thamrin, Jakarta Pusat.

"Tapi alasan mereka berwirausaha juga bisa jadi tantangan mereka yakni masalah menyeimbangkan karier dan keluarga. Ada juga ketakutan kalau terlalu sukses bagaimana (mengurus keluarga)," tambah Veronica.

Selain tantangan umum dalam berbisnis, diungkapkan pula jika wanita belum menggunakan teknologi secara optimal yang bisa menjadi jawaban dari hambatan mereka. Menurut riset, 47% dari wanita berbisnis belum menggunakan teknologi untuk mengembangkan usaha. Bahkan 32% dari mereka tidak tahu sama sekali cara menggunakan teknologi internet untuk kebutuhan usaha.

Kebanyakan dari mereka mengatakan itu hal rumit dan melelahkan. Padahal internet bisa membuat bisnis tumbuh 80% selain membuat pekerjaan jadi efektif.

Ladies, Ini Tantangan Wanita Indonesia Saat Berbisnis & Cara MengatasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
"Pengguna internet di Indonesia lebih dari 100 juta orang, penggunaannya cukup tinggi yakni tiga dari empat orang. Tujuh dari 10 menggunakan internet di ponsel. Sangat potensial untuk berbisnis online di Indonesia tapi banyak (pengusaha) yang masih offline," ungkap Veronika.

Memanfaatkan teknologi dan internet untuk berwirausaha pun penting dilakukan untuk wanita. Karena selain bisa memperluas pelanggan dan peluang bisnis, cara itu juga dapat meningkatkan efektivitas kerja sehingga wanita bisa punya sisa waktu untuk bersama keluarga.

Sebagai mesin penelesuran terbesar, Google pun meluncurkan berbagai program untuk membantu mereka. Sebut saja Google Bisnisku agar bisnis Anda lebih mudah ditemukan orang hingga Google Trends dan Google Analytics yang bisa dimanfaat untuk melihat tren, membaca pelanggan, dan mengembangkan usaha Anda.

Ladies, Ini Tantangan Wanita Indonesia Saat Berbisnis & Cara MengatasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com