Senin, 15/05/2017 19:20 WIB

Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Jika Ingin Jadi Orang Kaya

Rahmi Anjani - wolipop
Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Jika Ingin Jadi Orang Kaya Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk jadi orang kaya bukan hanya butuh penghasilan tinggi saja. Diperlukan pula kemampuan mengelola keuangan yang baik serta kegigihan dalam berinvestasi. Agar semakin banyak uang, Anda juga harus bisa mengendalikan diri agar tidak membeli barang kurang penting atau bersikap pasif dalam mencari 'pundi-pundi'. Entrepreneur Steve Siebold yang menjadi jutawan dengan usahanya sendiri juga melakukan hal-hal tersebut. Ia pun mengungkap beberapa hal yang harus dihindari jika ingin jadi orang kaya berikut ini:

1. Beli yang Tidak Mampu Dibeli
Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Jika Ingin Jadi Orang KayaFoto: (Visit Sweden)
Penghasilan Anda boleh saja sudah tinggi dengan tunjangan dan fasilias menjanjikan. Tapi jika tidak pintar-pintar mengelola keuangan, gaji bisa cuma numpang lewat di rekening saja. Salah satu prinsip mengatur finansial yang penting diterapkan adalah untuk tidak mengeluarkan uang untuk barang-barang mahal yang sebenarnya Anda tidak mampu beli.

Misalnya membeli handphone keluaran terbaru atau baju dari desainer high enfd yang harganya dua kali lipat penghasilan bulanan. Biasanya orang harus menabung atau mencicil biaya barang itu agar bisa memilikinya. Cara tersebut sebenarnya kurang baik. Jika mau membeli barang mahal di luar kemampuan,Steve menyarankan untuk perbanyak penghasilan dengan berinvestasi atau cari bisnis sampingan.

2. Hanya Mengandalkan Satu Penghasilan
Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Jika Ingin Jadi Orang KayaFoto: Thinkstock
Banyak orang berharap untuk punya banyak uang. Namun usaha yang dilakukannya tidak banyak, hanya mengandalkan gaji dari perusahaan saja. Jika benar-benar ingin kaya, sebaiknya ubah persepsi Anda. Bekerja keras di satu perusahaan kadang tidak cukup untuk mengantar pada kemakmuran. Namun kemungkinan punya banyak uang lebih tinggi jika Anda membuka lapangan kerja sendiri.

"Orang-orang hebat tahu jika berwirausaha adalah jalan tercepat menuju kekayaaan," kata Simon dilansir My Domaine.

3. Cuma Fokus pada Tabungan
Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Jika Ingin Jadi Orang KayaFoto: Thinkstock
Rajin menabung memang bisa membuat Anda banyak uang. Tapi harus berapa lama Anda menabung untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan. Karenanya, jangan hanya fokus pada menabung tapi juga penghasilannya. Jika bisa perbesar tabungan bukan hanya dengan menyisihkan lebih banyak tapi juga menerima penghasilan lebih tinggi. Untuk itu, coba cari pekerjaan yang mau menggaji Anda lebih besar, berinvestasi, atau berwirausaha. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177