Senin, 15/05/2017 07:22 WIB

Perlukah Berbagi Password Media Sosial dengan Pasangan?

Kiki Oktaviani - wolipop
Perlukah Berbagi Password Media Sosial dengan Pasangan? Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi mereka yang ingin serius dalam menjalin cinta, terkadang tak ingin lagi ada rahasia dengan pasangan termasuk soal password media sosial. Tapi apakah perlu melakukannya?

Faktanya 67% pasangan kekasih atau menikah berbagi password satu atau bahkan sejumlah media sosial, termasuk email. Padahal kita tak nyaman berbagi password media sosial dengan sahabat atau keluarga, tapi dengan pasangan lebih mudah memberitahu kata kunci medsos.

Sejumlah pakar hubungan tidak setuju dengan ide berbagi password tersebut. Menurut mereka, ada beberapa hal dari pasangan yang harus tetap dirahasiakan, salah satunya adalah password.

"Memang tergantung masing-masing pasangan, tapi akan lebih baik jika kita tetap memiliki kebebasan. Memang semakin dekat dengan pasangan akan lebih bahagia. Tapi pasangan akan lebih bahagia jika tetap memiliki rahasia dan privacy," ujar psikolog Kelly Campbell, PhD dari California State University seperti dikutip Time.

Bukan hal yang mengejutkan berbagi password malah berdampak pada masalah yang serius. Pasangan atau bahkan mantan pasangan bisa menjadi sangat terobsesi dengan selalu mengecek media sosialmu.

Pakar hubungan Rosalind Wiseman juga tak menyerankan berbagi kata sandi dengan pasangan, terutama Anda yang masih remaja atau belum menikah. Lantaran alur hubungan masih belum jelas.

"Hubungan bisa berubah-ubah secara cepat. Dan mereka yang patah hati memiliki emosi yang kuat," kata Rosalind.

Tak menutup kemungkinan, pasca putus cinta media sosial 'dibajak' atau hal-hal buruk lainnya. "Berbagi password hanya memicu berbagai problema," Rosalind memperingatkan. (kik/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com