Rabu, 10/05/2017 12:12 WIB

Makna Batik Biru-Putih yang Dipakai Ahok di Sidang Vonis, untuk Berkabung?

Hestianingsih - wolipop
Makna Batik Biru-Putih yang Dipakai Ahok di Sidang Vonis, untuk Berkabung? Foto: Pool/Sigid Kurniawan
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah menjalani 21 kali sidang yang berujung pada vonis dua tahun penjara yang diputuskan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus penistaan agama.

Saksikan video 20detik tentang Batik Ahok di sini:


Setiap menghadiri sidang, Ahok terlihat selalu memakai baju batik yang berbeda-beda. Termasuk saat sidang putusan di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Siang itu, Ahok memilih kemeja batik lengan panjang perpaduan warna biru-putih. Terlihat motif batik parang dan bunga pada kemeja dengan garis geometris itu. Apa makna di balik busana batik yang dipakai Ahok kali ini?
Makna Batik Biru-Putih yang Dipakai Ahok di Sidang Vonis, untuk Berkabung?Foto: Pool/Sigid Kurniawan

Batik dengan palet warna biru-putih, menurut desainer batik Iwet Ramadan umum disebut dengan batik klenengan. Ada makna yang cukup dalam dari batik warna ini.

"Sebenarnya batik klenengan (batik berwarna biru putih) ini oleh kaum peranakan Cina Pekalongan atau Pesisiran digunakan untuk melayat dan dalam suasana berkabung," jelas Iwet kepada Wolipop.
Makna Batik Biru-Putih yang Dipakai Ahok di Sidang Vonis, untuk Berkabung?Foto: Pool/Sigid Kurniawan

Motif parang yang terdapat pada lining putih bagian atas merupakan salah satu motif batik paling tua di Indonesia. Sedikitnya ada tujuh jenis motif parang yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Tapi ada satu kesatuan makna dari batik dengan susunan motif S yang saling terjalin ini. Dikutip dari Wikipedia, bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudera. Menggambarkan semangat yang tidak pernah padam.

Terlihat juga ada batik kembang setaman yang berasal dari daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Batik kembang setaman ditandai dengan motif ulir yang dihiasi bunga aneka jenis. Motif ini bermakna filosofis untuk mendapatkan keharuman (kiasan untuk berkah) dari orang tua maupun leluhur. Dahulu, batik kembang setaman cukup populer di kalangan wanita peranakan. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com