Minggu, 07/05/2017 11:35 WIB

Lakukan Latihan Ini untuk Mengatasi Nyeri Tak Tertahankan Saat Haid

Anggi Mayasari - wolipop
Lakukan Latihan Ini untuk Mengatasi Nyeri Tak Tertahankan Saat Haid Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak jarang wanita dihadapkan dengan rasa nyeri ketika masuk masa haid. Nyeri dan kram perut pada saat haid ini pun membuat wanita merasakan kesulitan dan tidak nyaman.

Untuk mengatasi rasa nyeri pada haid, tak sedikit wanita memilih mengonsumsi obat yang terkadang memiliki efek samping dan mungkin berbahaya bagi kesehatan. Tapi ternyata cara tepat dan sederhana untuk mengatasi nyeri pada haid dapat dilakukan dengan yoga.

Studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyarankan wanita untuk latihan yoga dan olahraga secara teratur. Dalam tinjauan studi tersebut, seorang peneliti yang berbasis di London meninjau kembali 15 studi tentang efek yoga pada gejala menstruasi termasuk rasa sakit, kualitas hidup, stres, mood, dan mental pada beberapa wanita berusia antara 13 dan 45 tahun.

Hasilnya, wanita yang mulai berlatih yoga selama 10 menit per hari menuai manfaat ketika masuk masa haid mereka, mengurangi ketidaknyamanan dan mood yang naik-turun. Penelitian yang ada memberikan petunjuk sederhana jika yoga mengurangi respon stres tubuh.

"Praktik ini dapat mendorong tubuh untuk melepaskan rasa sakit alami yang biasa diderita wanita ketika datang haid," kata Jennifer Oates, PhD, penulis dan pengajar kesehatan mental di King's College London kepada Time.

Sementara itu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut jenis yoga apakah yang sempurna untuk mengatasi kesengsaraan ketika haid. Termasuk mempelajari jenis latihan yoga yang paling efektif, dan seberapa sering perlu berlatih untuk mengatasi nyeri haid.

Meskipun demikian, Jennifer merekomendasikan untuk mencoba kelas Hatha, yakni senam yoga yang berpusat pada penguasaan tubuh dan pernapasan. Untuk menilai secara akurat manfaatnya, Jennifer juga menyarankan untuk setidaknya mencoba kelas Hatha yoga setidakya satu atau dua kali seminggu. (agm/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com