Jumat, 21/04/2017 13:41 WIB

Kartini Masa Kini

Medina Zein, 'Kartini Milenial' Berhijab yang Jadi Miliuner di Usia 24

Arina Yulistara - wolipop
Medina Zein, Kartini Milenial Berhijab yang Jadi Miliuner di Usia 24 Foto: Medina Zein
Jakarta - Usia tidak menjadi ukuran untuk meraih kesuksesan. Seperti wanita berhijab satu ini yang bisa disebut sebagai miliuner muda karena berpenghasilan miliaran rupiah per bulan berkat bisnis yang digelutinya sejak masih duduk di bangku kuliah. Wanita yang dimaksud adalah Medina Zein.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Wolipop mengundang Medina Zein sebagai salah satu wanita di era milenial yang inspiratif. Bagaimana tidak, wanita dengan nama lengkap Medina Susani Daivina Zein itu berhasil menggapai kesuksesan di usia yang sangat muda masih 24 tahun.
Bersama Pimpinan Redaksi Detikcom, Iin YumiyantiMedina Zein Bersama Pimpinan Redaksi Detikcom, Iin Yumiyanti

Ketika menghadiri acara 'Detikcom Women's Lounge: Kartini Masa Kini' bersama Bakmie Mewah, hijabers asal Bandung ini mengaku membangun 'kerajaan' bisnis kecantikannya dari nol modal niat dan kerja keras. Awal berbisnis di 2012 ia menggunakan modal sendiri tidak dapat kucuran dana dari orangtua maupun bank. Bahkan orangtua sempat menentang Medina menggeluti bisnis kecantikan karena berharap anak pertama dari dua bersaudara itu bisa menjadi dokter atau bekerja di bidang kesehatan seperti garis keturunan keluarganya.

Meski ia dipaksa menempuh pendidikan kebidanan namun hal tersebut tidak menghalangi Medina untuk mengejar passion-nya. Lulus dari Akademi Kebidanan Stikes Budi Luhur, Bandung, Medina tidak langsung mengambil pendidikan lagi karena tak ada niatan bekerja di bidang kesehatan. Ia pun lebih tertarik masuk ke dunia kecantikan dan memiliki impian bisa mendirikan klinik kecantikan sendiri.

Setelah lulus kuliah, wanita kelahiran 23 Mei 1992 itu lebih memilih mengikuti kursus pendek tentang estetika daripada lanjut sekolah lagi. Bisnis dimulai ketika ia bertemu seorang dokter di kursus kecantikan singkat yang diikutinya setelah kuliah. Ia diajari bagaimana membuat produk kecantikan hingga membuka klinik sendiri. Ibu satu anak ini pun mulai bekerjasama dengan dokter dan apoteker untuk membuat produk perawatan wajah. Memulainya dengan klinik kecantikan kecil-kecilan kini ia sudah membuka tiga cabang klinik di Bandung, satu Makassar serta berencana menambah cabang di Jakarta.

"Sebenarnya aku lulusan kebidanan tapi pas lulus aku pilih ikut short course saja sekolah estetika medik karena dari dulu senang banget di dunia kecantikan. Aku pengen banget mengedukasi wanita Indonesia terkait produk skin care yang mereka gunakan. Dari situ karyawan awalnya aku cuma punya karyawan tiga orang, benar-benar dari salon kecil, aku juga pernah merangkap jadi kasir, sekarang sudah ada beberapa cabang, penjualannya juga sampai keluar negeri, sekarang aku juga sudah punya 300 karyawan," jelas Medina saat berbincang di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Selatan.
Medina Zein, 'Kartini Milenial' Berhijab yang Jadi Miliuner di Usia 24Foto: Medina Zein

Ratusan karyawan yang dimilikinya tidak hanya dari bisnis kecantikan MD Clinic yang didirikannya tapi juga beragam bidang lain. Mendirikan PT Medina Global Care, Medina membuat beberapa anak perusahaan di bidang fashion dan travel. Ya, Medina terjun ke dunia fashion dengan membuat Medina Zein Boutique yang kini sudah buka cabang di Bandung serta Jakarta. Tidak hanya itu, ia juga menjalani bisnis travel dengan nama Medina Tour & Travel yang dibangun sejak 2015 lalu.

Medina mengaku kini sedang fokus mengurus perusahaan travelnya. Tak hanya tour umum, ia juga membuka perjalanan umrah. "Sekarang aku lagi fokus ke travel umrah karena ramai banget, setiap minggu ada keberangkatan dua sampai tiga kali. Satu kali keberangkatan bisa 40 jamaah," tambahnya.

Disebut sebagai Kartini milenial, Medina merasa sedikit malu. Menurutnya perjuangan R.A Kartini dulu jauh lebih sulit untuk meraih kemenangan daripada wanita di zaman sekarang. Untuk itu, kita harus lebih bisa menghargai buah dari hasil kerja keras. Berusaha mencontoh Kartini, Medina pun tidak ingin cepat puas. Masih banyak hal yang ingin dilakukan di usia mudanya.
Medina Zein, 'Kartini Milenial' Berhijab yang Jadi Miliuner di Usia 24Foto: Medina Zein

Wanita milenial disarankan Medina harus lebih aktif, berpikir kreatif, bekerja keras, dan tak mudah menyerah. Fokus serta komitmen juga menjadi hal utama karena dikatakannya banyak wanita zaman sekarang yang mudah putus asa dan kurang berkomitmen.

"Kartini masa kini adalah wanita produktif yang menginspirasi semua orang dan bisa menjadi contoh untuk orang lain. Wanita masa kini juga harus bisa produktif, kreatif, kapanpun di mana pun karena Kartini masa kini harus memberikan impact yang besar terhadap lingkungan," tandasnya. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177