Jumat, 21/04/2017 12:40 WIB

Kartini Masa Kini

Berkenalan dengan Fariana Dewi, Sosok Kartini di Angkatan Udara RI

Alissa Safiera - wolipop
Berkenalan dengan Fariana Dewi, Sosok Kartini di Angkatan Udara RI Foto: Alissa Safiera/Wolipop
Jakarta - Sosok Ibu Kartini masa kini bukan soal sekadar meminta kesetaraan gender, namun membuat diri mereka setara lewat kualitas diri. Begitu yang selalu ditanamkan wanita bernama Fariana Dewi Djakaria terhadap dirinya.

Fariana bukan wanita biasa. Di dunia militer, namanya telah dikenal. Pasalnya, wanita cantik asal Pariaman ini memiliki latar belakang profesi yang sangat jarang dilirik wanita, yakni sebagai pilot helikopter di TNI Angkatan Udara Republik Indonesia.

Tak main-main, ia adalah wanita pertama yang menjadi pilot helikopter di TNI AU, Indonesia bahkan Asia Tenggara. Berada di kawanan yang seluruhnya didominasi pria, Fariana mengaku sangat bekerja keras untuk menyamakan dirinya dengan kawan seangkatan di TNI AU. Wanita 35 tahun itu harus memperkuat fisik bertahun-tahun agar sama seperti para pilot pria untuk bertahan di udara sebagai pilot helikopter.

Baca Juga: 21 Kartini Masa Kini

Menjadi 1 di antara 1.000 pria yang menjadi pilot di TNI AU, Fariana menggambarkan Kartini masa kini yang tak takut memulai perubahan dan berani menjadi beda.

"Kartini masa kini adalah perempuan hebat yang profesional di bidangnya. Memiliki kemampuan dan kualitas. Jadi, bila dulu ibu Kartini membuat surat di mana kita ingin disamakan, tapi sekarang kita telah mendapat kebebasan itu. Namun yang harus dipertanggungjawabkan adalah kualitas perempuan itu sendiri. Jadi jangan sampai kita ingin disamakan, tapi kita tidak memiliki kemampuan yang sama," ujar Fariana kepada Wolipop di acara Women's Lounge Kartini Masa Kini di Rumah Maroko, Kamis (20/4/2017).

Berkenalan dengan Fariana Dewi, Sosok Kartini di Angkatan Udara RIFoto: Alissa Safiera/Wolipop

Menurut ibu satu anak ini, menjadi Kartini di masa kini bukan berarti meminta emansipasi yang kebablasan. Baginya, tantangan yang banyak dilihatnya dari wanita di masa sekarang adalah melupakan kodratnya sebagai perempuan.

"Sekarang sudah semakin banyak perempuan yang bisa setara dengan kaum pria, tapi terkadang melupakan kodratnya sebagai perempuan, lebih fokus dalam karier sehingga keluarga terabaikan. Jadi mungkin kita bisa memperbaiki diri, berkaca, sehingga tetap mampu berkarya namun tidak lupa kodrat perempuan," imbuhnya.

Bicara soal meneruskan perjuangan Kartini, Kapten Fariana kini memulainya dengan menjadi instruktur penerbang di TNI AU. Ia berharap, dirinya dapat menjadi inspirasi bagi para wanita agar tak takut untuk ikut berkecimpung di dunia tentara.

Alhamdulillah selesai..

A post shared by Fariana Dewi (@mei_jamparing) on Jun 28, 2016 at 2:01am PDT




"Saya harap perempuan-perempuan lain diberikan kesempatan menjadi penerbang juga. Saya akan membantu para perempuan hebat di TNI AU menjadi penerbang. Sekarang sudah mulai ada wanita di TNI AD, kepolisian, apalagi untuk di dunia penerbangan sipil. Tidak lagi ada pembatasan. Jadi sekarang, siapapun yang mampu silahkan bergabung," ujarnya

(als/als)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com