Kamis, 20/04/2017 21:49 WIB

Pesan Inspiratif dari Para Kartini Masa Kini

Hestianingsih - wolipop
Pesan Inspiratif dari Para Kartini Masa Kini Foto: Anggi Mayasari/Wolipop
Jakarta - Raden Ajeng Kartini menjadi sosok sekaligus ikon emansipasi wanita Indonesia. Lewat pemikirannya yang dituangkan melalui tulisan, Kartini telah membuka perspektif baru bahwa wanita pun memiliki kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan, berkarier dan menggapai cita-cita setinggi mungkin selayaknya pria.

Beberapa dekade telah berlalu, muncullah Kartini-Kartini baru yang meneruskan perjuangannya dan ikut menginspirasi wanita untuk terus maju dan mengembangkan kualitas diri. Lewat tulisan, musik, duduk di kursi pemerintahan hingga menjadi pemimpin perusahaan besar.

Seperti yang dilakukan Okky Madasari dengan lima novel yang telah ia terbitkan. Ia percaya dengan menulis, akan membawa perubahan yang berarti pada sebuah bangsa.

"Tulisan memiliki kemampuan besar untuk memengaruhi pikiran banyak orang. Seperti hal nya Kartini melalui surat-suratnya, dengan menulis novel saya juga bisa memengaruhi sudut pandang wanita Indonesia," ujar Okky di acara Women's Lounge: Kartini Masa Kini yang diadakan oleh detikcom di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

Lain Okky, lain juga Gita Gutawa. Jika Okky percaya pada kekuatan tulisan, maka penyanyi yang baru menyelesaikan studi S2-nya di Inggris memilih meneruskan perjuangan Kartini lewat dunia digital.

Gita saat ini mencanangkan sebuah gerakan di social media dengan hashtag #perempuanjugabisa yang tujuannya menginspirasi sesama wanita untuk bersama-sama maju di bidangnya masing-masing. Menurutnya di era millennial ini, cara tercepat untuk menyebarkan pesan positif adalah lewat internet.

"Movement ini juga bisa dengan membuat video yang saling menginspirasi wanita satu sama lain," ungkap putri komposer ternama Erwin Gutawa ini.

Tak ketinggalan pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang memiliki prinsipnya sendiri untuk bisa sukses menjadi Kartini masa kini. Kuncinya adalah, tidak perlu ragu dengan kemampuan diri sendiri, baik Anda wanita maupun pria.

"Saya tidak pernah membedakan diri saya dengan para pria. Dengan merasa setara maka saya yakin bisa melakukan juga apa yang pria lakukan," tutur Susi.

Senada dengan Susi, CEO Indonesia Power Sri Peni Inten Cahyani juga berpendapat bahwa wanita tidak perlu merasa harus selalu dibedakan dengan pria jika ingin meraih kesuksesan.

"Agar wanita bisa sukses meneruskan perjuangan Kartini, kita jangan suka minta excuse kalau kita wanita. Jangan minta diistimewakan. Hindari itu. Karena sebenarnya kita mampu melakukannya," pungkas wanita yang akrab disapa Inten ini.
(asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com