Kamis, 20/04/2017 13:17 WIB

Foto: Cantiknya Murid Berhijab di Mosul Irak yang Pernah Dikuasai ISIS

Arina Yulistara - wolipop
Foto: Cantiknya Murid Berhijab di Mosul Irak yang Pernah Dikuasai ISIS Foto: REUTERS/Marko Djurica.
Jakarta - Kota Mosul menjadi kota terbesar kedua Irak yang sempat dikuasai ISIS. Setelah Mosul kembali direbut oleh pasukan Irak dari tangan ISIS, sejumlah sekolah mulai dibuka. Anak-anak perempuan di Mosul Timur khususnya kini bisa kembali menempuh pendidikan formal mereka pasca berada dalam gejolak perang bertahun-tahun.

Seperti yang dilihat dari foto Reuters, para murid perempuan datang ke sekolah dengan mengenakan jilbab. Mereka tampak cantik dalam balutan jilbab simpel. Berikut foto murid-murid di Mosul Timur yang kembali sekolah.

Jilbab Putih
Foto: REUTERS/Marko Djurica.

Jilbab warna putih seperti menjadi andalan para murid yang kembali bersekolah karena senada dengan busana mereka. Banyak murid yang mengenakan jilbab putih ketika belajar di dalam kelas. Meski demikian, sejumlah murid memilih kerudung berpalet pink hingga biru untuk tampil beda.

Tampilan Busana Feminin
Foto: REUTERS/Marko Djurica.

Ketika kembali bersekolah, para murid mengenakan busana dengan sentuhan feminin. Terusan panjang dalam sentuhan hitam serta penerapan jeans mendominasi busana murid-murid di Mosul Timur, Irak. Mereka memadankannya dengan blouse putih sebagai dalamannya. Ada pula yang menggunakan rompi rajut untuk membuat busana polos lebih eksentrik.

Kasual
Foto: REUTERS/Marko Djurica.

Semua murid memakai busana kasual dan sepatu beralas datar. Beberapa dari mereka juga mengenakan kaos kaki panjang warna putih sebagai pelengkap pakaian. Namun sebagian murid memilih memadankan busana dengan celana panjang hitam.

Murid SD
Foto: REUTERS/Marko Djurica.

Ini suasana ketika sejumlah murid sekolah dasar (SD) saar berbaris sebelum masuk ke dalam kelas. Terlihat sebagian dari mereka tidak mengenakan jilbab. Namun ada satu siswi yang tampak cantik dalam balutan jilbab warna putih mengenakan seragam. Meski beberapa berseragam, sejumlah siswi masih terlihat memakai baju bebas.

Guru Berjilbab
Foto: REUTERS/Marko Djurica.

Ada momen di mana seorang guru berhijab tertangkap kamera ketika menyapa anak-anak muridnya. Guru di Mosul Timur tersebut memakai terusan hitam dan berkerudung biru tua. Kabarnya para guru ini mengajar secara sukarela tanpa mendapat bayaran dari pemerintah.

Warna-warni Jilbab
Foto: REUTERS/Marko Djurica.

Walau didominasi warna putih, beberapa di antaranya memilih kerudung palet lain. Seperti dalam foto ini, para murid berhijab mengenakan pashmina bermotif. Gaya jilbab mereka berbeda-beda tapi tetap simpel. Ada yang mengenakan jilbab langsung namun beberapa memilih menggunakan scarf panjang.


(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com