Selasa, 18/04/2017 18:05 WIB

Ini Tempat Paling Bersih di Toilet Umum Menurut Dokter

Hestianingsih - wolipop
Ini Tempat Paling Bersih di Toilet Umum Menurut Dokter Foto: M Aji Surya/detikcom
Jakarta - Menggunakan toilet umum menjadi momok dalam penyebaran bakteri dan penyakit bagi sebagian besar orang. Hal yang cukup wajar, mengingat banyaknya orang keluar-masuk dari toilet umum setiap harinya. Duduk di kloset yang sama, menyentuh tombol flush yang sama atau memegang dudukan kloset yang sama.

Untuk menghindari penyebaran kuman tentu Anda tidak mungkin selalu menyediakan sarung tangan atau buang air tanpa menyentuh toilet sedikitpun. Tapi ada satu cara untuk meminimalisir kemungkinan Anda terkena kuman atau bakteri saat harus memakai toilet umum, yakni dengan memilih bilik yang 'paling' bersih.

Masalahnya bagaimana mengetahui bilik paling higienis di antara yang lainnya? Seorang dokter pun mengungkapkan cara memilih bilik paling bersih ketika berada di toilet bioskop, terminal, stasiun, mal, bandara, maupun tempat umum lainnya.
Foto: (Thinkstock)

Mehmet Oz, atau biasa dikenal dengan panggilan dr. Oz memberikan tipsnya berdasarkan teori yang ia kembangkan. Dokter selebriti yang sering muncul di program kesehatan TV di Amerika Serikat ini menjelaskan bahwa kebanyakan pengguna toilet akan menghindari bilik pertama atau paling dekat pintu masuk.

Mereka cenderung memilih bilik toilet yang paling jauh dari pintu karena butuh sedikit privasi. Terutama ketika mereka ingin buang air besar atau berganti pembalut, agar aktivitasnya tidak terlalu terdengar atau diketahui orang lain.

"Karena bilik terdepan paling jarang dipakai, maka tingkat bakterinya juga paling rendah. Jadi bilik pertama jangan dihindari, tapi justru dipilih untuk menghindari kemungkinan terkena infeksi," ujar dokter Oz, seperti dikutip dari Daily Mail.

Berdasarkan hasil survei yang dilansir New York Magazine, bilik terakhir di toilet lebih disukai wanita ketimbang pria. Kebalikan dari wanita, pria justru lebih memilih bilik paling depan di toilet umum. Sementara itu bilik yang paling banyak dipilih pertama kali saat memasuki toilet adalah bilik yang berada di tengah-tengah.
Foto: Thinkstock

Toilet umum memang merupakan tempat bersarangnya jutaan bakteri penyebar penyakit. Tidak hanya di kloset, tapi juga pegangan pintu hingga kran wastafel. Sekitar 25% dispenser atau tempat sabun di toilet umum terkontaminasi bakteri berbahaya.

Selain memilih bilik yang potensinya paling kecil terdapat bakteri, Anda juga perlu menjaga kebersihan dengan seksama. Saat menekan flush, hindari kontak langsung antara kulit Anda dengan tombolnya. Lapisi terlebih dahulu tangan Anda dengan tisu, baru tekan tombol flush. Cara ini akan mengurangi risiko penyebaran bakteri dari toilet ke tangan, dan dari tangan ke bagian tubuh lainnya seperti wajah.

Kemudian saat menyentuh pegangan pintu, biasakan melapisi tangan Anda dengan tisu saat membuka dan menutup pintu toilet. Agar kebersihan tangan lebih terjamin, gunakan hand sanitizer atau gel pembersih tangan setelah keluar dari toilet. Tidak perlu terlalu sering melakukannya, cukup ketika Anda keluar dari toilet. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177