Minggu, 16/04/2017 08:47 WIB

Seperti Julia Perez, 5 Selebriti Ini Juga Sakit Kanker Serviks

Eny Kartikawati - wolipop
Seperti Julia Perez, 5 Selebriti Ini Juga Sakit Kanker Serviks Foto: Instagram/ Julia Perez
Jakarta - Data dari Kementerian Kesehatan pada 2015 mengungkapkan kanker serviks ternyata pembunuh wanita nomer satu di Indonesia. Oleh karena itu penyakit ini tidak boleh disepelekan oleh wanita.


Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim. Penyakit kanker ini dipicu oleh Human papilloma virus (HPV), jenis virus yang umum menyebabkan penyakit infeksi menular seksual.

Kanker serviks sebenarnya bisa dicegah. "Kanker serviks sudah diketahui sebabnya, yaitu HPV. Vaksinnya sudah ada. Deteksi dininya sudah ada, papsmear dan IVA (Inspeksi Vagina dengan Asam Asetat). Jadi ini 100 persen bisa dicegah," kata Prof Dr dr Andrijono SpOG, KFER, seperti dikutip DetikHealth.

Sayangnya pencegahan ini belum banyak dilakukan oleh para wanita. Sehingga penyakit ini pun tercatat sebagai salah satu dari 10 kanker terbanyak di Indonesia, setelah kanker payudara.

Artis Julia Perez termasuk wanita yang kini tengah berjuang mengatasi penyakit kanker serviks. Selain Jupe, demikian Julia Perez biasa disapa, berikut lima selebriti dunia yang juga menderita kanker serviks:

Eva Peron
Mantan first lady Argentina yang lebih dikenal dengan nama Evita ini didiagnosa menderita kanker serviks pada Agustus 1951. Pada masa itu, seperti dikutip New York Times, menjadi hal umum pasien disembunyikan status penyakitnya. Sehingga Evita dioperasi secara diam-diam. Setelah operasi, Evita menjalani radiasi dan kemoterapi. Namun kondisinya terus memburuk hingga dia meninggal dunia pada 1952 dalam usia 33.

Anita Mui
Anita Mui dikenal sebagai aktris dan penyanyi asal Hong Kong. Pada September 2003, Anita mengumumkan pada publik bahwa dia menderita kanker serviks. Sebelumnya kanker yang sama juga sudah merenggut nyawa saudara perempuannya. Saat berjuang melawan penyakitnya, Anita memilih pengobatan tradisional ketimbang menjalani terapi medis.

Selama menderita kanker serviks, Anita juga tetap aktif tampil. Salah satunya dengan menggelar delapan show di Hong Kong Coliseum pada November 2003. Penyanyi cantik ini kemudian harus menyerah pada perjuangannya. Dia meninggal dunia karena kanker serviks dan komplikasi pernafasan pada Desember 2003 di Rumah Sakit dan Sanatorium Hong Kong. Usianya saat itu 40 tahun.

Judy Blume
Penulis buku anak-anak dan dewasa Judy Blume mengumumkan melalui blog pribadinya pada 2012 bahwa dia didiagnosa menderita kanker payudara. Namun dalam tulisannya terungkap juga 17 tahun sebelum diagnosa kanker payudara itu, dia telah menjalani Histerektomi atau bedah untuk pengangkatan rahim. Hal tersebut dilakukannya karena dia menderita kanker serviks. Saat ini Judy berusia 72 tahun dan masih berjuang mengatasi kanker payudaranya.

Marissa Jaret-Winokur
Bintang film American Beauty Marissa Jaret-Winokur didiagnosa menderita kanker serviks pada 2001. Dia memilih prosedur pengangkatan rahim untuk mengatasi kanker serviks. Namun beruntung dokter berhasil menyelamatkan ovariumnya sehingga dia bisa memiliki anak laki-laki pada 2008. Kelahiran anaknya terjadi melalui rahim ibu pengganti.

Jade Goody
Bintang reality show Big Brother UK Jade Goody meninggal dunia dalam usia 27 tahun karena kanker serviks tidak lama setelah dia mengumumkan menderita penyakit tersebut. Seperti dikutip Health, Goody pernah mengungkapkan dia mengabaikan permintaan dokter untuk menjalani pap smear sehingga penyakitnya terlambat dideteksi.


(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177