Kamis, 13/04/2017 17:42 WIB

Kesalahan Wanita Indonesia Saat Vermak Wajah Dengan Makeup

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop
Kesalahan Wanita Indonesia Saat Vermak Wajah Dengan Makeup Foto: Anggi Mayasari Violita Utami
Jakarta - Tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan makeup saat ini menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian wanita Indonesia. Makeup diyakini dapat membuat wanita tampil lebih cantik. Tak heran jika kebanyakan wanita mempercayakan tampilan wajah sempurnanya pada riasan makeup.

Namun sebagian besar wanita Indonesia memiliki kecenderungan untuk mengubah tampilan hidung agar terlihat lebih mancung dan pipi tirus dengan makeup. Efek makeup seperti itu dapat diaplikasikan melalui shading dan counturing, yang intinya adalah membuat ilusi dengan menutupi kekurangan yang ada pada wajah.

Tonton video 20detik di sini:


Makeup artist yang pernah bercita-cita menjadi atlet basket, Anpa Suha mengungkapkan shading dan counturing hidung dilakukan bukan untuk memancungkan tetapi agar terlihat memiliki implan dan berbatang. Jadi untuk menampilkan hidung sempurna seperti itu, shading hidung dapat diaplikasikan dari bawah alis, tarik garis lurus hingga ke ujung hidung. Namun kebanyakan wanita Indonesia memberikan kontur hingga membentuknya di samping-samping cuping hidung, inilah yang suka salah diartikan oleh mereka.

"Hidung sempurna itu ada batang implannya karena kalau nggak pakai makeup dia terlihat flat. Kalau internasional dipakai shading hidung di samping - samping cuping. Terus aku bilang kemereka jangan gitu dong kita harus bagus, itu kan bule dia tidak memiliki cuping seperti kita. Sekarang kalau kita pakai cuping yang ada malah ngeblok," cerita Anpa saat ditemui di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, Kemarin (12/4/2017)

Sama halnya dengan shading hidung, shading pipi juga dilakukan untuk menampilkan tampilan wajah yang lebih tirus. Namun yang harus ditekankan yaitu pemakaian shading pipi yang tebal tidak mesti memberikan kesan kecil atau tirus. Pria yang pernah dipercaya kerajaan Brunei untuk merias keponakan Sultan Halsanah Bolkiah ini juga menekankan kembali penerapan shading pipi bukan untuk mengecilkan pipi tapi agar terkesan memiliki tulang yang seolah membuat wajah menjadi lebih kecil.

"Kalau untuk pemotretan atau acara besar sih boleh ya menggunakan shading pipi yang tebal, tapi kalau untuk hal biasa menurut aku nggak perlu, karena shading itu penempatannya cukup di tulang pipi saja," jelas Anpa.

Tak hanya menjelaskan tentang kesalahan yang umum dilakukan oleh wanita Indonesia dalam merias wajah, makeup artist yang jasa riasnya pernah dipercayai oleh beberapa selebriti kenamaan Indonesia seperti Vina Panduwinata, Nabila Syakieb, Olla Ramlan hingga Krisdayanti ini memberikan cara mudah untuk menghasilkan shading atau contouring yang baik. Anpa menjelaskan intinya adalah harus mengetahui konstruksi wajah.

"Misalnya hidung, dia bisa tinggi atau nggak itu tergantung tulang rawannya. Pipi, mau masalah chubby atau kurus, tulang pipinya tetap. Jadi yang harus dihapalin itu nggak susah karena shading itu posisinya sudah jelas," tutupnya. (eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177