Rabu, 12/04/2017 18:48 WIB

Intimate Interview

Suka-duka Band Metal Berhijab Garut: Ditolak Tampil Hingga Dapat Cibiran

Arina Yulistara - wolipop
Suka-duka Band Metal Berhijab Garut: Ditolak Tampil Hingga Dapat Cibiran Foto: Dok. VoB
Jakarta - Band metal berhijab Voice of Baceprot (VoB) menjadi perbincangan di media sosial. Band dengan personel tiga hijabers cilik --Firdda Kurnia sebagai pemain gitar sekaligus vokalis, Widi Rahmawati yang juga vokalis dan bassist, serta penabuh drum, Euis Siti-- menjadi sorotan karena tampilkan musik 'keras'. Yang mencuri perhatian karena mereka memakai jilbab serta masih remaja.

Meski usia para hijabers asal Garut itu masih belasan tahun, mereka sudah menuai banyak prestasi. Mereka pernah menjadi Juara 1 Festival Pelajar BMI Vaganza Kab. Garut, Juara 2 and The Best Bassist Festival Pelajar Music For Friendship STH Garut, Juara 2 Sandez Music Fest dan Juara 1 Fossil Fest, dan beragam festival musik lainnya. Firdda sebagai perwakilan dari VoB mengaku band bergenre hiphop, metal, dan funky ini mulai dikenal setelah menjadi juara di Festival Pelajar BMI Vaganza Kab. Garut itu kemudian banyak tawaran menghampiri band mereka.
Suka-duka Band Metal Berhijab Garut: Ditolak Tampil Hingga Dapat CibiranFoto: Dok. VoB

Firdda pun bercerita kepada Wolipop kalau dalam sebulan ia menerima tawaran untuk mengisi acara mulai dari festival musik hingga pensi sekolah sekitar dua sampai lima kali. Namun tawaran itu hanya diambil pada akhir pekan karena aktivitas ketiganya yang masih duduk di bangku sekolah. Tawaran manggung tidak hanya berasal dari kawasan Garut tapi juga luar kota termasuk Bandung hingga Cirebon.



Dengan diundang tampil di banyak acara, Firdda mengaku senang. Ia dan kedua rekannya bisa menambah uang jajan dari band mereka. Tidak hanya itu, para hijabers berusia 16 tahun ini juga bisa menyalurkan hobi masing-masing dalam bermusik.

"Dari tempat-tempat yang kita diundang buat manggung minimal kita bisa punya uang jajan sendiri, selain itu kita juga lebih dikenal oleh orang banyak," aku Firdda sambil terkekeh saat dihubungi Wolipop melalui telepon, Rabu (12/4/2017).

Firdda juga sedikit bercerita mengenai tantangan yang harus dihadapi karena berhijab dan menyuguhkan musik metal. Salah satu tantangannya adalah mendapat cibiran hingga sikap kurang menyenangkan dari orang lain. Seperti ketika siswi SMK Insan Mandiri, Garut, itu bersama band-nya pernah ditolak tampil karena memandang remeh usia mereka yang masih remaja.
Suka-duka Band Metal Berhijab Garut: Ditolak Tampil Hingga Dapat CibiranFoto: Facebook

Selain itu, mereka juga kerap dicela di media sosial. Meski demikian, Firdda mengatakan tidak terlalu memusingkan hal tersebut. Mereka lebih memilih fokus untuk terus berkarya dan tetap konsisten dalam bermusik terutama di genre musik keras.

"Pernah ditolak sama EO karena kita dianggap masih kecil. Terus banyak orang berpikir metal itu musik keras dan itu sangat berlawan dengan hijab yang ada di pikiran orang-orang. Banyak juga yang berpikir metal itu musik hitam, untuk mematahkan pikiran kayak gitu kita bikin istilah the other side of metal, sisi lain dari dunia metal. Yang mau kami sampaikan ke orang-orang bahwa musik metal itu nggak selalu bebas dan urakan tapi tergantung orangnya," jelas remaja yang mengambil jurusan Administrasi Perkantoran itu.
Suka-duka Band Metal Berhijab Garut: Ditolak Tampil Hingga Dapat CibiranFoto: Facebook

Ketika kini videonya menjadi viral dan ditonton oleh ratusan ribu pengguna internet, Firdda merasa bangga dan senang. Dengan itu, mereka juga bisa membuktikan kepada orangtua mengenai aktivitas bermusik ketiganya selama ini. Firdda pun berharap bisa menginspirasi remaja perempuan lainnya.

Band VoB terbentuk sejak 2014 dalam asuhan pria pecinta musik yang dikenal dengan nama Abah Erza. VoB kini sudah memilih tiga single yakni Age Oriented, The Enemy of Earth Is You, dan yang terbaru School Revolution.

"Kita asli garut, kita masih indie dan kita berharap lebih sukses, lebih banyak menginspirasi remaja-remaja lain, dan pastinya tetap merdeka, terus berkarya. Insya Allah kita akan terus konsisten di genre kita," tandas Firdda sebelum menutup perbincangan. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com