Rabu, 12/04/2017 07:59 WIB

Cara Mudah Hilangkan Noda-noda Kosmetik di Baju

Rista Adityaputry - wolipop
Cara Mudah Hilangkan Noda-noda Kosmetik di Baju Foto: Thinkstock
Jakarta - Anda yang suka pakai makeup pasti pernah tak sengaja menodai pakaian. Entah saat melepas pakaian, tanpa sadar menggosok baju ke wajah, atau tak sengaja menyentuhkan kuteks yang belum kering pada busana. Mungkin Anda suka kesal ketika ini terjadi karena harus mencuci pakaian berkali-kali agar noda benar-benar hilang. Namun, tak perlu khawatir. Ada cara-cara mudah untuk membersihkan kosmetik yang bisa Anda ikuti, dari noda foundation hingga noda eyeshadow. Tidak hanya mudah, bahan yang digunakan pun tidak sulit ditemukan di rumah. Ini tips dari Mommy Pages:

1. Noda Foundation
Noda foundation sering ditemukan di area kerah baju atau pergelangan tangan. Entah karena keringat, tidak sengaja menyentuh wajah ke lengan, atau insiden lainnya. Noda ini memang cukup sulit untuk dihilangkan sehingga membuat para wanita malas untuk mencucinya. Jika disebabkan oleh foundation jenis oil free, Anda bisa membersihkannya dengan krim cukur. Aplikasikan pada area yang kotor, diamkan beberapa menit, kemudian gosok pakaian Anda. Untuk noda foundation yang lebih sulit lagi untuk dihilangkan, Anda bisa menambahkan alkohol agar lebih mudah.

2. Noda Lipstik
Karena lipstik mengandung minyak, Anda sebenarnya bisa membersihkannya dengan cleansing oil. Sabun cair juga bisa membantu menghilangkan noda perona bibir. Tuangkan sedikit pada tisu, kemudian usapkan pada noda untuk mengangkat warnanya. Lalu, semprotkan air dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, keringkan area yang kotor dengan handuk bersih.

Cara lain yang diklaim bisa membersihkan noda lipstik adalah dengan menyemprotkan hairspray. Semprotkan hairspray pada area yang terkena noda dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan area yang terkena hairspray tadi dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat. Anda pun bisa mencucinya seperti biasa setelah itu.

3. Noda Maskara
Maskara biasanya bersifat waterproof yang membuatnya lebih sulit untuk dihilangkan. Anda tentu bisa menggunakan makeup remover khusus untuk mata dan bibir yang biasa Anda pakai untuk menghapus riasan mata dan bibir Anda. Jika tidak ada makeup remover khusus, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring yang dicampur dengan air dingin. Masukkan kain bersih pada campuran tersebut, kemudian aplikasikan ke area yang kotor hingga terserap.

4. Noda Kuteks
Paling mudah, bersihkan noda kuteks di pakaian dengan pembersih kuteks. Mungkin terdengar sederhana, namun biasanya cara ini berhasil menghilangkan noda kuteks di pakaian Anda. Cara lain yang diklaim ampuh adalah dengan menggunakan hairspray. Semprotkan hairspray pada sikat gigi tak terpakai kemudian sikat secara memutar untuk bersihkan nodanya.

5. Noda Eyeshadow/ Blush On
Anda bisa menggunakan selotip atau lakban untuk mengangkat noda eyeshadow atau blush on jenis bubuk. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya kembali dengan tisu basah. Namun, untuk eyeshadow jenis krim, Anda perlu waktu lebih lama untuk membersihkannya, yaitu dengan mendiamkannya semalaman setelah ditaburkan dengan bedak bayi. Lalu, Anda bisa membersihkannya dengan sabun pencuci piring. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com