Jumat, 07/04/2017 08:37 WIB

Sering Merasa Capek Tanpa Sebab? Ketahui 7 Faktor Pemicunya

Rista Adityaputry - wolipop
Sering Merasa Capek Tanpa Sebab? Ketahui 7 Faktor Pemicunya Foto: Thinkstock
Jakarta - Lelah karena kesibukan yang padat memang wajar terjadi, terlebih lagi jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta dengan kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Tapi pernahkah Anda merasakan, ada kalanya tubuh terasa sangat lelah padahal aktivitas tidak terlalu banyak?

Ada beberapa faktor pemicu kenapa Anda sering merasa capek atau lelah seketika. Hal itu ternyata terkait dengan gaya hidup dan kebiasaan Anda sehari-hari. Kenali masalahnya, agar dapat mengatasinya dan Anda bisa terus beraktivitas dengan tubuh yang terasa segar.

1. Semi-Somnia
Berbeda dengan penderita insomnia, penderita semi-somnia bisa tidur seperti biasa, namun mendapatkan kualitas tidur yang kurang. Kualitas buruk itu diperlihatkan dari gejala tidur yang tidak tenang, sering terbangun, dan terlalu banyak pikiran saat tidur. Anda akan terbangun dengan badan letih hingga kepala berdenyut di pagi harinya. Menurut Health Central seperti dikutip dari InStyle, kondisi ini mayoritas disebabkan oleh gaya hidup yang terlalu sibuk dan terlalu sering membuka gadget. Jadi, sebaiknya segera memulai pola gaya hidup yang sehat untuk tetap bersemangat menjalani rutinitas.

2. Dehidrasi
Menurut studi The Journal of Nutrition pada tahun 2012, Anda akan mudah merasa kelelahan saat tidak memenuhi minimal 1,5% kebutuhan air. Tidak hanya kelelahan, Anda juga bisa mengalami perubahan mood atau biasa disebut mood swing. Jadi, usahakan untuk cukup minum dan kurangi mengonsumsi minuman yang akan membuat Anda semakin haus seperti soda, kopi, susu, teh berkafein tinggi, hingga alkohol.

3. Tidak Berolahraga
Anda sebenarnya juga bisa merasakan kelelahan karena tubuh tidak pernah atau jarang bergerak. Aktiflah dengan melakukan olahraga secara teratur dan konsisten. Anda tidak perlu langsung melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga berintensitas ringan, seperti jalan sehat atau jogging. Jika melakukannya secara konsisten, Anda bisa dengan mudah mengembalikan energi yang hilang karena kelelahan.

4. Berolahraga Terlalu Banyak
Sebaliknya, Anda tentu saja akan mudah merasa kelelahan jika berolahraga terlalu banyak, bahkan apabila dilakukan dengan intensitas tinggi. Anda akan mudah lelah dan stres fisik kalau tidak mengimbangi olahraga intensitas tinggi dengan istirahat dan aktivitas yang cukup.

5. Diet Tak Seimbang
Diet tak seimbang bisa membuat Anda mudah lelah dan cepat mengantuk. Diet yang sehat harus bisa memenuhi kebutuhan menu sehari-hari berupa karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin untuk tubuh. Jika salah satu dari kelima hal tersebut dilupakan, kelelahan bisa menyerang karena diet sangat berpengaruh pada tingkat energi yang dibutuhkan dan dikeluarkan tubuh.

6. Stres
Terlalu stres tidak hanya membuat Anda lelah secara mental, tetapi juga fisik. Hormon kortisol yang dapat membantu tubuh mengelola stres biasanya berada dalam tingkat tertinggi ketika di pagi hari dan di tingkat terendah saat malam hari. Jika Anda stres, hormon kortisol akan berantakan dan tidak akan menurun saat tidur di malam hari sehingga akan menghasilkan kualitas tidur yang buruk dan berakibat pada munculnya kelelahan di pagi hari.

7. Jumlah Zat Besi Terlalu Rendah atau Tinggi
Kurangnya zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang anemia dan kelelahan. Namun, kelebihan zat besi juga sebenarnya tidak baik. Biasanya yang memicu kelebihan zat besi ini adalah kebiasaan mengonsumsi suplemen zat besi tanpa konsutasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menurut Dr. Gina Sirchio, DC, CCN, seorang dokter chiropractic dan ahli gizi dari Institut Kesehatan LaGrange, Chicago, biasanya tubuh membutuhkan energi, vitamin, dan mineral untuk membuang sistem yang berlebihan sehingga menyebabkan Anda lebih cepat lelah. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177