Kamis, 06/04/2017 19:25 WIB

5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan Uang

Rahmi Anjani - wolipop
5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan Uang Foto: Thinkstock
Jakarta - Pepatah 'you are what you eat' memang ada benarnya. Bukan hanya mempengaruhi kesehatan, apa yang kita makan ternyata juga berkaitan dengan cara kita menghabiskan uang. Menurut penasehat finansial Canna Campbell, orang yang berusaha menjaga pengeluaran secara ketat umumnya tanpa sadar akan turun berat badan. Itu terjadi karena mereka tak terlalu banyak makan dan sebaliknya. Yuk, intip bagaimana kebiasaan makan di keseharian mempengaruhi cara kita mengatur keuangan!

Jaga Makan
5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan UangFoto: thinkstock
Menurut Cana, orang yang menjaga makanannya biasanya juga pintar menyimpan uang. Mereka yang makan dengan pelan dan sehat diketahui lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang sehingga punya banyak tabungan.

"Kamu bisa mengajari dirimu sendiri untuk menjadi pemakan sadar dengan mematikan televisi ketika makan dan fokus pada makan dan mengimplementasikan sistem uang tunai saat membayar. Dengan membayar tunai, kamu memaksa dirimu sendiri untuk lebih sadar ketika menghabiskan uang. Pelan-pelan saat makan dan pelan-pelan saat menghabiskan uang," kata Cana kepada Dailymail.

Selalu Beli Makanan
5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan UangFoto: ilustrasi/thinkstock
Anda tipe orang yang selalu jajan dan tidak pernah puas dengan makanan? Ada kemungkinan besar jika Anda tidak punya banyak tabungan karena selalu membeli. Cana menyarankan orang yang sering beli makanan seperti ini untuk menyediakan uang tunai untuk membayar.

"Ini akan mengingatkan mereka bahwa mereka sudah menggunakan uang mereka atau memakan camilan, kemudian menghentikan mereka untuk selalu mencari kepuasaan," ungkap penasehat keuangan asal Australia tersebut.


Foodie
5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan UangFoto: Thinkstock
Foodie adalah orang yang suka makan dan tertarik dengan dunia kuliner. Orang seperti ini bukan tidak mungkin juga boros dalam pengeluaran karena sering pergi mencoba makanan baru. "Mereka adalah orang-orang yang akan menunjukkan sepatu baru yang mereka harus punya dan suka barang mewah bahkan ketika mereka sebenarnya tidak mampu. Sisi baiknya, orang-orang ini seringkali sangat royal," tutur Cana.

Makan Tidak Teratur
5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan UangFoto: ilustrasi/thinkstock
Makan tidak teratur bukan hanya kurang baik untuk kesehatan namun juga kantung Anda. Kebiasaan yang umum dikalangan orang sibuk ini bisa membuat tidak rutin mengatur keuangan. Jika Anda salah satunya, coba untuk tulis semua barang atau produk yang ingin dibeli atau dimakan demi mencegah pemborosan.

"Mereka belanja dan mengeluarkan uang ketika mereka merasa ada keadaan mendesak dan karena mereka sering beli ketika panik, mereka jadi tidak rasional karena mereka mencoba untuk berkompensasi dan membeli barang-barang untuk memperbaiki situasi," jelasnya.

Tidak Mau Rugi
5 Kebiasaan Makan yang Pengaruhi Cara Anda Mengeluarkan UangFoto: thinkstock
Pernahkah Anda melihat orang yang tidak mau rugi saat makan? Biasanya mereka mengusahakan berbagai cara agar tidak mengeluarkan banyak uang tapi dapat banyak makanan. Tapi justru kebiasaan ini bisa membahayakan diri sendiri jika terlalu pelit.

"Pada dasarnya tipe orang seperti ini serakah. Mereka punya banyak uang di akun bank tapi tidak melakukan apa-apa dengan uang itu selain menimbunnya," katanya. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com