Kamis, 30/03/2017 20:06 WIB

Lakukan 3 Hal Ini di Usia 20-an Agar Banyak Tabungan Saat 30 Tahun

Rahmi Anjani - wolipop
Lakukan 3 Hal Ini di Usia 20-an Agar Banyak Tabungan Saat 30 Tahun Foto: Thinkstock
Jakarta - Penghasilan dan tabungan Anda seharusnya sudah meningkat secara signifikan di usia 30-an. Namun bukan tidak mungkin jika simpanan Anda di bank tidak banyak bertambah karena Anda kurang bisa mengelola dengan baik keuangan. Apalagi jika saat usia 20-an Anda selalu boros dan tidak pernah menyisihkan pendapatan. Bisa-bisa Anda tidak bisa mewujudkan impian untuk mencapai tahap mapan di usia 30-an.

Bagi Anda yang merasa belum banyak menabung atau sering boros di usia 20-an saat ini, tak perlu khawatir dulu. Anda bisa mulai memperbaiki pengelolaan finansial dari sekarang. Blogger Australia Jasmine Boothey mengatakan ada beberapa tips simpel yang bisa dilakukan untuk memastikan tabungan tersedia cukup banyak di usia dewasa. Berikut tiga di antaranya:

'Pura-pura' Punya Gaji Kecil
Masa muda menjadi waktu di mana uang sangat mudah untuk dikeluarkan. Merasa belum ada tanggungan dan masih punya banyak waktu untuk kumpulkan uang, anak muda sering tak pikir panjang ketika membeli sesuatu. Karenanya, mereka rentan boros dan tidak bisa menabung.

Untuk itu, hindari belanja berlebihan. Jika perlu, berpura-puralah jika penghasilan Anda lebih sedikit dari yang sebenarnya untuk mencegah pemborosan. Jasmine menganjurkan agar Anda punya satu rekening khusus untuk pengeluaran bulanan. Transfer sejumlah uang terbatas tapi tetap rasional ke akun itu dan sisanya ditabung saja.

Jangan Utamakan Brand
Berbelanja tentu tidak dilarang. Namun hindari terlalu berlebihan dan berorientasi pada brand-brand mahal. Beli sesuatu dari merek high end tentu boleh saja untuk barang-barang tertentu, misal sepatu, tas, atau jaket dengan harapan bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

"Untuk barang-barang lain yang tidak terlalu penting, jangan terlalu pentingkan brand. Ketika aku belanja kebutuhan rumah tangga, kebanyakan brand yang aku beli ditentukan dari yang mana yang sale di minggu itu," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Perawatan Kulit di Rumah
Perawatan kulit tubuh dan wajah penting dilakukan sedari usia 20an. Tapi hindari menghabiskan banyak uang hanya untuk penampilan. Untuk berhemat, lakukan saja tindakan kecantikan di rumah dengan bahan-bahan natural. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu menyesal di usia 30an karena tabungan tak terlalu terkuras. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177