Senin, 27/03/2017 13:20 WIB

5 Produk yang Biasanya Lebih Mahal Jika Dibeli di Supermarket

Rahmi Anjani - wolipop
5 Produk yang Biasanya Lebih Mahal Jika Dibeli di Supermarket Foto: iStock
Jakarta - Supermarket sering menjanjikan harga yang lebih murah dan berbagai promo untuk memikat pelanggan. Namun tak jarang pembeli malah merasa total pembelanjaan justru jadi lebih mahal padahal beberapa item sudah dipotong harga. Hal tersebut bisa dikarenakan supermarket menaikkan harga sejumlah produk yang tidak Anda sadari. Menurut ahli consumer saving Andrea Woroch, ada enam barang yang sebaiknya tidak dibeli di supermarket karena harganya lebih mahal. Berikut daftarnya:

Rempah-rempah

5 Produk yang Biasanya Lebih Mahal Jika Dibeli di SupermarketFoto: iStock

Pasar swalayan memang memberikan kenyamanan dan kepraktisan karena bersih serta semua barang ada di sana. Meski begitu, ada kemungkinan supermarket menaikkan harga hingga 100% sehingga membuat Anda justru jadi lebih boros. Menurut Andrea, rempah-rempah adalah salah satunya. Untuk itu, disarankan agar Anda membeli bahan makanan natural di pasar atau gerai sayuran saja yang lebih murah dan terjamin kesegarannya.

Baterai

5 Produk yang Biasanya Lebih Mahal Jika Dibeli di SupermarketFoto: Thinkstock

Ada alasannya mengapa baterai diletakkan di meja kasir. Supermarket ingin 'membujuk' Anda untuk membeli baterai untuk berjaga-jaga jika ada jam atau remote televisi di rumah yang kehabisan daya. Padahal harga baterai di pasar swalayan seringkali lebih mahal. Menurut Andrea, Anda bisa berhemat 50% jika membelinya di tempat lain. Selain toko kelontong, cek juga situs belanja online yang tak jarang juga menawarkannya dengan harga lebih murah.

Produk Bayi dan Kecantikan
Tak jarang, pembelanja akan sekaligus mencari kebutuhan bayi dan produk kecantikan sembari membeli barang rumah tangga di supermarket. Meski mudah didapatkan, produk-produk tersebut harganya bisa dinaikkan hingga 30% atau lebih. Jika tidak diburu waktu, cobalah mencari produk bayi dan kosmetik di tempat lain yang lebih murah. Anda bisa mencarinya di toko khusus keperluan anak atau gerai kecantikan atau situs belanja online yang menawarkan biaya gratis ongkos kirim.

Sayuran/Buah Sudah Dipotong

5 Produk yang Biasanya Lebih Mahal Jika Dibeli di SupermarketFoto: iStock

Untuk memudahkan para pelanggan memasak, beberapa supermarket menawarkan sayuran atau buah yang sudah dipotong-potong. Anda mungkin sudah tahu jika produk tersebut akan berbiaya lebih mahal. Namun yang mungkin tidak Anda sadari adalah harganya bisa sangat dinaikkan hingga tiga kali. Karenanya, belilah sayuran atau buah di pasar lokal dan minta pedagang memotongkan. Anda pasti akan jauh lebih berhemat.

Daging Sudah Dipotong

5 Produk yang Biasanya Lebih Mahal Jika Dibeli di SupermarketFoto: iStock

Selain sayur dan buah, daging juga sering ditawarkan sudah dipotong-potong. Ada pula yang menyediakan daging khusus burger bahkan kebab. Tapi jangan dulu tergoda untuk langsung membelinya. Andrea mengatakan jika harga bisa dinaikkan sebanyak 60 hingga 300%. Coba cari alternatifnya yang lebih murah di pasar lokal. (ami/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177